About

Senin, 30 November 2020

Tema 5 Sub Tema 3 PB 5 dan 6

 Hari/tanggal : Senin/30 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang  .  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran : 5 dan 6

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Membuat Peta Pikiran

Langkah-langkah membuat peta pikiran  sebagai berikut :

1.      Tuliskan ide pokok dari setiap paragraph

2.      Temukann kata kunci pada setiap paragraph

3.      Rangkailah ide pokok atau kata kunci menjadi sebuah bagan

4.      Catatlah informasi penting dari teks untuk melengkapi keterangan pada bagan peta pikiran

Muatan IPA (KD 3.5 dan  4.5)

Faktor-faktor  yang Mempengaruhi Kesimbangan Ekosistem

Berikut faktor-faktor yang dapat memengaruhi keseimbangan :

1.      Faktor alam adalah peristiwa alam yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, umumnya berupoa bencana alam.

2.      Faktor aktivitas manusia adalah kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang dapat mengganggu keseimbagan ekosistem.

Muatan SBdP (KD 3.3 dan 4.3)

Karya Seni Rupa Nusantara

Karya seni rupa adalah benda seni yang dibuat dari penegolahan titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, dan tekstur sehingga dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan melalui rabaan.

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu :

1.      Seni rupa murni adalah karya seni yang dibuat untuk dinikmati keindahannya atau unsur  estetikanya saja tanpa memepertimbangkan fungsinya. Contoh lukisan,patung, dan keramik.

2.      Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang memperhatikan fungsi dari benda seni tersdebut dalam kehidupan sehari-hari. Contoh rumah adat, arsitektur bangunan, senjata tradisional, dan seni kriya.

Jenis-jenis karya seni rupa salah satunya dalah seni kriya. Seni kriya berupa anyaman dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat anyaman seperti bamboo, daun pisang, atau kertas.

Membuat anyaman ada dua cara yaitu anyaman tunggal dan anyaman ganda. Anyaman tunggal terbuat dari bahan yang sama dengann ukuran bahan anyaman yang sama. Anyaman tunggal adalah cara membuat anyaman yang paling sederhana. Anyaman ganda lebih bnayak memiliki variasin pola. Contoh pola anyaman tunggal dan anyaman ganda :

 


 Muatan PPKn (KD 3.4 dan 4.4)

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan

Bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa Indonesia telah disebutkan dalam salah satu butir Sumpah Pemuda:’Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa Indonesia, bahasa Indonesia”. Bahasa Indonesia merupaka alat komunikasi yang mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.  Bahasa Indonesia digunakan srbagai bahasa resmi. Misalnya di sekolah dan d pemerintahan.

Setelah mempelajari materi di atas jika ada yang kurang di pahami dapt bertanya di WA grup dan Jang lupa berikan komentar Mu di blog Bu guru, jika paham materi di atas dapat kerjakan latihan soal berikut ini!

Latihan Tema 5 Sub Tema 3

Jika sudah selesai mengerjakan soal silahkn konfirmasi ke WA grup ya nak dan jangan lupa kirimkan bukti screenshoot nya jika kalian sudah mengerjakan soal latihan hari ini terimakasih anak Sholeh/Sholeha VD 

Wassalamu'alaikum.wr.wb 

Jumat, 27 November 2020

Tema 5 Sub Tema 3 PB 1,2,3 dan 4

 Hari/tanggal : Jum'at/27 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang  Menemukan Makna Kosakata serta  Melengkapi Peta Pikiran, Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan, Membuat Pertanyaan Teks Nonfiksi, Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem, Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari, Menyimpulkan Informasi dari Teks Nonfiksi, Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat dan Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi .  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran : 1 dan 2

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menemukan Makna Kosakata serta  Melengkapi Peta Pikiran

Setiap kali kita membaca teks, kamu akan menemukan kosakata di dalamnya. Kosakata dapat dicari maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Setelah membaca teks, informasi yang ditemukan dapat diringkas dengan menggunakan pikiran. Peta pikiran dapat disajikan dengan cara yang kreatif dan menarik untuk memudahkan seseorang memahami isi teks.

Muatan IPA ( KD 3.5 dan 4.5)

Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan

Rantai makanan adalah urutan proses memakan dan dimakan antarmakhluk hidup di dalam suatu ekosistem. Di dalam rantai makanan terdapat beberapa peran, antara lain produsen, konsumen, dan pengurai. Sedangkan jarring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan tersebut di dalam suartu ekosistem.

Pengertian jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Jadi disimpulkan bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Perbedaan rantai makanan dengan jaring-jaring makanan.Kalau rantai makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.

Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.

Contoh Jaring-jaring Makanan

 


Berdasarkan contoh di atas, dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa dari 13 mahluk hidup yang ada dalam sebuah jaring-jaring makanan terdapat 8 rantai makanan berbeda. Pada setiap rantai makanan, paus biru dan paus pembunuh menjadi mahluk hidup yang menjadi konsumen puncak.

Di sisi lain, rumput laut dan phytoplankton menjadi produsen pada jaring-jaring makanan tersebut. Berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari contoh di atas.

  • Organisme yang masuk ke dalam siklus jaring-jaring makanan tidak harus terlibat dalam seluruh rantai makanan yang terjadi.
  • Jaring-jaring makanan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan produsen utamanya, yaitu phytoplankton dan rumput laut.
  • Pada siklus makanan dengan produsen phytoplankton, zooplankton dan udang menjadi konsumen tingkat 1. Ikan kecil jadi konsumen tingkat 2, burung camar dan anjing laut menjadi konsumen tingkat 4, paus biru dan paus pembunuh menjadi konsumen tingkat akhir.
  • Pada jaring-jaring makanan dengan produsen rumput laut, kepiting menjadi konsumen tingkat 1, gurita jadi konsumen  tingkat 2, pinguin dan gajah laut sebagai konsumen 3, anjing laut konsumen tingkat 4, dan paus pembunuh sebagai konsumen tingkat akhir
  • Konsumen seperti anjing laut, paus pembunuh, dan ikan kecil mempunyai beberapa pilihan organisme untuk dimakan.

 

Muatan Bahasa Indonesia (kd 3.7 dan 4.7)

Membuat Pertanyaan Teks Nonfiksi

Menemukan informasib dalam teks dapat dilakukan dengan membuat atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengann isi teks. Setiap kata tanya mempunyai makna dan tujuan yang berbeda. Contoh kata Tanya yang dapat digunakan adalah:

APA, fungsinya adalah untuk menanyakan SESUATU. Sesuatu yang dimaksudkan bisa keadaan atau pun perbuatan.
SIAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan mengenai PELAKU suatu kejadian.
KAPAN, fungsinya adalah untuk menanyakan WAKTU berlangsungnya suatu kerjadian.
(di, ke, dari) MANA, fungsinya adalah untuk menanyakan TEMPAT atau LOKASI.
MENGAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan perihal ALASAN atau PENYEBAB suatu peristiwa.
BAGAIMANA, fungsinya adalah untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan PROSES atau CARA.
BERAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan JUMLAH, BANYAKNYA, atau SATUAN.

Muatan IPA 9 KD 3.5 dan 4.5)

Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem

Komponen-komponen dalam suatu ekosistem harus seimbang. Perubahan yang terjadi pada salah satu komponen dalam lingkungan dapat menyebabkan segala proses dalam ekosistem terganggu. Ekosistem yang terganggu menyebabkan terganggunya rantai makanan. Jika salah satu dari komponen rantai makanan tidak ada, komponen rantai makanan lainnya akan terganggu.

Akibat terganggunya jaring –jaring makanan, hewan yang ada dalam jaring-jaring makanan dapat memakan hewan lain di ekosistem yang berbeda.

Muatan SBdP ( KD 3.3 dan 4.3)

Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari

Tari merupakan karya seni yang pengungkapannya melalui gerakan. Penciptaan gerak dalam seni tari diawali dengan menentukan ide atau gagasan. Sumber ide gerak tarian biasanyadiperoleh melalui pengamatan terhadap gerak manusia, hewan, tumbuhan, atau alam. Selanjutnya, ide tersebut dikembangkan dalam bentuk gerakan dan dilengkapi dengan property, busana, tata rias, dan music yang sesuai.

Pembelajaran : 3 dan 4

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menyimpulkan Informasi dari Teks Nonfiksi

Menyimpulkan berarti menyarikan informasi berdasarkan apa yang telah diuraikan. Untuk menyimpulkan informasi dari teks nonfiksi, dapat mengacu pad hasil identifikasi teks nonfiksi berupa ide-ide pokok teks. Menyampaikan ide pokok dari dalam table atau peta pikiran ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasau sendiri.

Salah satu contoh teks nonfiksi adalah artikel. Artikel merupakan  sebuah tulisan yang berisi informasi yang disajikan berdasarkan fakta dan biasanya terdapat dalam majalah ataun surat kabar.

Muatan IPS ( KD 3.1 dan 4.1 )

Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Pengaruh letak strategis Indoneisa memberikan keuntungan sebagai berikut :

1.      Terjadi akulturasi (percampuran) antara budaya Indonesia dengan budaya asing.

2.      Memudahkan  penyebran  budaya Indonesia ke luar negeri.

Sedangkan kerugiananya dalah banyak budaya daerah yang tersingkirkan akibat masuknya budaya asing yang belum sepenuhnya diterima di Indonesia karena bertentangan dengan norma-norma di Indonesia.

Indonesian dikenal sebagai Negara maritim dan Negara agraris. Indonesia mwrupaka Negara kepulauan. Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan. Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan, disebut dengann Negara maritim.

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia memiliki  potensi maritim yang melimpah antara lain: pariwisata bahari, minyak bumi, dan sumberdaya laut yang beraneka ragam.

Selain potensi maritime, Indonesia dikenal dengan Negara agraris karena banyak penduduk nyab yang  bermata pencaharian sebagai petani dan berkebun, seperti rempeh-rempah, cokelat, tembakau dan buah-buahan.

Muatan PPKn ( KD 3.4 dan 4.4 )

Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi

Keragaman latar belakang rakyat Indonesia tidak jadi penghalang dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan social budaya yaitu ;

1.      Saling menghormati penganut agama lain yang sedang beribadah.

2.      Bergotongb royong membeesihkan lingkungan.

3.      Bekerja saman membangun sarana umum

4.      Membantu korban bencana alam

5.      Menghargai kebudayaan suku lain.

Berikut cara menjaga persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.      Bersikap terbuka terhadap pelaku ekonomi lain

2.      Menhgormati dan menghargai sesame pelaku ekonomi

3.      Menyelesaikann masalah yang dihadapi dengan musyawarah

4.      Memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana

5.      Menjalinn kerja sama dengan baik dan bersikap jujur

Berikut manfaat persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.      Kebutuhan ekonomi rakyat dapat terpenuhi

2.      Pemerataan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia dapat tercapai

3.      Terbukanya lapangan pekerjaan sehingga mengurangin penggangguran

Setelah mempelajari materi di atas jika ada pertanyaan silahkan komen di blog atau di WA grup kita dan tugasnya hari ini akan bu Guru kirimkan melalui grup WA ya nak!

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha VD semangat selalu jaga kesehatan dan jangan lupa shalat 5 waktu ya Nak!

Wassalamualaikum.wr.wb 

Kamis, 26 November 2020

Penilain Harian Matematika

Hari/Tanggal : kamis/26 November 2020

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VD Apa kabar?Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin. Sebelum melaksanakan penilaian harian Matematika jangan lupa dengar tausiah serta rangkum isinya kemudian tadarus dan shlat dhuha! jika semua telah di laksanakan silahkan absen di link berikut ini:


Absensi VD


Nah sebelum mulai mengerjakan soal jangan lupa berdoa dan jangan lupa ucapkan bismilah serta kerjakan secara mandiri dan jujur dan dengan teliti dan benar! klik link di bawah ini untuk mengerjakan soal penilaian harian Matematika:

Penilaian Harian Matematika

Ingat kerjakan soal hanya satu kali jangan berulang - ulang kali dan Jangan lupa kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta screnshoot bukti kalian telah mengerjakan ya nak!

Jangan lupa berikan komentar kalian pada blog bu Guru!

Terimakasih anak sholeh/sholeha VD jangan lupa shalat 5 waktu, jaga kesehatan dan semangat terus ya walaupun belajarnya dari rumah, Wassalamualaikum,wr. wb

Selasa, 24 November 2020

Penilaian Harian Tema 5 Sub Tema 2

  Hari/Tanggal : Selasa/24 November 2020

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VD Apa kabar?Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin. Sebelum melaksanakan penilaian harian tema 5 Subtema 2 jangan lupa dengar tausiah serta rangkum isinya kemudian tadarus dan shlat dhuha! jika semua telah di laksanakan silahkan absen di link berikut ini:


Absensi VD


Nah sebelum mulai mengerjakan soal jangan lupa berdoa dan jangan lupa ucapkan bismilah serta kerjakan secara mandiri dan jujur dan dengan teliti dan benar! klik link di bawah ini untuk mengerjakan soal penilaian harian tema  5 Subtema 2:

Penilaian Harian Tema 5 Sub Tema 2

Ingat kerjakan soal hanya satu kali jangan berulang - ulang kali dan Jangan lupa kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta screnshoot bukti kalian telah mengerjakan ya nak!

Jangan lupa berikan komentar kalian pada blog bu Guru!

Terimakasih anak sholeh/sholeha VD jangan lupa shalat 5 waktu, jaga kesehatan dan semangat terus ya walaupun belajarnya dari rumah, Wassalamualaikum,wr. wb

Senin, 23 November 2020

Tema 5 Sub Tema 2 PB 5 dan 6

Hari/tanggal : Senin/23 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang Hubungan Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Melengkapi Informasi dari teks nonfiksi, Pola lantai Tari dan Semangat kekeluargaan dan gotong royong.  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.

Rangkuman Materi :

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

A. Simbiosis

Hubungan antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

1.   Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Contoh :

1.   hubungan serangga dan tumbuhan berbunga.

Serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan kumbang mengambil nektar dari bunga untuk makanannya, serangga membantu proses penyerbukan pada bunga.

2.   Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisma adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup, di mana satu pihak diuntungkan namun pihak yang lain tidak dirugikan. Contohnya adalah sebagai berikut:

A. Ikan remora dengan ikan hiu.

Ikan-ikan kecil yang disebut remora, menempel pada tubuh ikan hiu. Remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain itu, remora dapat bepergian ke manapun tanpa takut dimangsa oleh ikan-ikan besar lain. Hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan.

3.   Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisma adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Contohnya adalah sebagai berikut:

A.Benalu yang hidup di pohon inang.

Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.


Bahasa Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)

Melengkapi informasi teks nonfiksi yang dibaca

Untuk melengkapi informasi-informasi teks nonfiksi yang dibaca , kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

a.       Membaca teks dengan seksama

b.      Menggaris bawahi kata kunci atau ide pokok pada setiap paragraph teks.

c.       Menjawab pertanyaan yang diberikan.

 

SBdP (KD 3. 2 Dan 4. 2)

 properti adalah barang yang digunakan dalam tarian untuk memperjelas tema suatu tarian misalnya tari pakarena - dari sulawesi selatan dengan menggunakan properti kipas yang memakai lagu pakarena sebagai iringan tariannya

.Unsur pola lantai adalah pola yang digunakan sebagai posisi penari dalam menarikan suatu tarian, terdapat pola lantai garis lurus (vertical dan horizontal) seperti pada gerak tari tradisional seperti tari saman - dari aceh dengan menggunakan iringan berupa tepukan, terdapat pula pola lantai garis lengkung seperti pada tari kecak - dari bali dengan menggunakan iringan berupa ucapan "cak cak cak"

 

PPKn (KD 3. 4 dan 4. 4)

Semangat kekeluargaan dan gotong royong

Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.

Bangsa Indonesia menganut prinsip Kolektivis. yakni mengutamakan kepentingan kelompok. Hal ini bisa kita lihat, dalam perembukan PANCASILA, yang tidak hanya mementingkan 1 kelompok, tapi juga kelompok lain.

Dalam era saat ini, gotong royong dapat diaplikasikan melalui

1. Kerja bakti

2. Musyawarah mufakat

3. Saling membantu sesuai bidang masing-masing

adapun gotong royong tercipta, karena adanya perasaan ketergantungan satu sama lain, dan perasaan senasib sepenanggungan

 Setelah mempelajari materi di atas jika ada yang kurang di pahami dapt bertanya di WA grup dan Jang lupa berikan komentar Mu di blog Bu guru, jika paham materi di atas dapat kerjakan latihan soal berikut ini!

Latihan Soal Tema 5 Sub Tema 2

Jika sudah selesai mengerjakan soal silahkn konfirmasi ke WA grup ya nak dan jangan lupa kirimkan bukti screenshoot nya jika kalian sudah mengerjakan soal latihan hari ini terimakasih anak Sholeh/Sholeha VD 

Wassalamu'alaikum.wr.wb 


Jumat, 20 November 2020

Tema 5 Sub Tema 2 PB 3 dan 4

 Hari/tanggal : Jum'at/20 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang  peristiwa kemerdekaan (teks proklamasi), Kenampakan alam yang berbeda memperngaruhi kegiatan ekonomi dan membuat ringkasan ide pokok.  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 3 & 4

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3. 4 Dan 4. 4), IPS (KD 3. 1 dan 4. 1), dan Bahasa Indonesia (KD 3. 7 Dan 4. 7)

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. 

Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta.

Adapun isi Proklamasi tersebut adalah sebagai berikut. 


IPS (KD 3. 1 dan 4. 1)

 Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, dengan kenampakan alam yang berbeda-beda. Perbedaan kenampakan alam tersebut menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat juga berbeda sesuai dengan potensi alamnya.

Sebagai contoh, di daerah Kalimantan masyarakat memanfaatkan kenampakan alam berupa sungai-sungai besar sebagai pusat ekonomi. Pasar terapung yang berada di Banjarmasin tidak hanya menjadi pusat perdagangan masyarakat, namun juga telah dikembangkan menjadi pusat pariwisata di Kalimantan.

Bahasa Indonesia (KD 3. 7 Dan 4. 7)

 Membuat ringkasan berdasarkan ide pokok dan informasi penting

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat  ringkasan tekas nonfiksi.

1.      Membaca teks nonfiksi dengan saksama

2.      Menentukan ide pokok setiap paragraph pada teks nonfiksi

3.      Menyusun ide pokok tersebut ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasa sendiri sesuai dengan isi teks nonfiksi

4.      Memperhatikan pemilihan kata dan ejaan saat membuat ringkasan yang sesuai dengan pedoman penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar

 Setelah membaca dan mempelajari materi di atas jika ada yang tdak kalian pahami maka tanyakan di kolom komentar blog atau WA grup kita!

dan simaklah video berikut ini:



TUGAS LATIHAN ;

Bacakan teks Proklamasi dengan baik dan benar, sesuai kriteria penilaian di bawah ini yaitu:

1. Intonasi bacaan

2. Ekspresi wajah

Terimakasih sholeh/sholeha VD jangan lupa mengirimkan tugas ananda berupa video ke bu Guru dan kalau ada materi yang kurang paham silahkan kalian tulis komentar di blogger.

Wassalamualaikum.wt.wb 


Kamis, 19 November 2020

Tema 5 Sub Tema 2 PB 1 dan 2

 Hari/tanggal : Kamis/19 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang  Rantai Makanan, Mengembangkan Ide Pokok, Properti Tari Daerah dan fungsinya.  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 1 dan 2

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), dan SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

Rantai Makanan

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan di makan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap makhluk hidup memiliki peran masing-masing. Secara umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalam rantai makanan.

1.      Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contohnya rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau

Produsen mampu mengubah energy dari cahaya matahari menjadi energy kimia

2.      Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energy dari makhluk hidup lain. Contohnya hewan

3.      Pengurai

Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen. Contohnya cacing tanah, jamur, dan bakteri.

 


Padi  >> Tikus    >>Ular   >>Elang  >>Jamur
Produsen   Konsumen I   Konsumen II Konsumen III    Pengurai

Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:

1.      Membaca teks non fiksi dengan seksama

2.      Menentukan ide pokok dari teks non fiksi

3.      Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri

4.      Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama

Setelah membaca dengan seksama, kita dapat mengetahui kalimat utama dari paragraph tersebut terdapat pada kalimat pertama, yaitu “ meskipun sering dianggan sebagai hewan pengganggu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik bagi tubuh manusia.

 Dari kalimat utama itu, barulah kalimat itu, barulah ide poko dapat kamu tentukan. Ide pokok dari paragraph non fiksi tersebut adalah “belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi”.

SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

 Property tari daerah dan fungsinya

Property adalah perlengkapan atau alat yang digunakan dalam tarian. Property berfungsi untuk memberikan keindahan pada tarian.

Property juga berfungsi sebagai media entuk menyampaikan makna yang terkandung dalam tarian. Property yang digunakan dalam tarian tradisional bermacam-macam, misalnya selendang, topeng, kipas, caping, piring, dan lilin

Setelah mempelajari materi di atas jika ada pertanyaan silahkan komen di blog atau di WA grup kita dan tugasnya hari ini akan bu Guru kirimkan melalui grup WA ya nak!

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha VD semangat selalu jaga kesehatan dan jangan lupa shalat 5 waktu ya Nak!

Wassalamualaikum.wr.wb 

Rabu, 18 November 2020

Matematika Sifat - Sifat Operasi Hitung Bilangan Berpangkat

 Hari/Tanggal : Rabu, 18 November 2020

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VD,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Rabbal alamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shlat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :

Absensi VD

jika sudah selesai ucapkan bismilah dan berdoa kita akan mempelajari tentang Sifat-sifat Operasi Bilangan Berpangkat ya nak! 

Sifat-sifat Operasi Bilangan Berpangkat

A.          Penjumlahan Bilangan berpangkat

Misalnya 5³ + 3³ = (5x5x5) + (3x3x3)

                            =      125 + 27

                            =      152

B.   Perkalian Bilangan Berpangkat

Perkalian dengan angka yang sama dan pangkat yang berbeda

                             = 4 x 4 x 4 x 4 x 4 x 4

                             = 1.024

          Perkalian dengan angka berbeda tetapi pangkat yang sama

Misalnya,4³ x 2³ =(4x2)³

= 8³

=  512

semoga kalian dapat memahami materi di atas ya nak,,jika da pertanyaan dan kurang jelas dapat bertanya di WA grup atau komen di blog bu guru!

berikut ini tugas kalian ya nak!

Selesaikan soal dibawah ini dengan jelas dan benar !

1.     5³ + 2³ =

2.     5³ + 3³ =

3.     6³ + 4³ =

4.     3³ X  2² =

5.     3³ X 3³ =

jangan lupa shalat 5 waktu, jaga kesehatan dan tetap semangat ya nak walaupun belajarnya dari rumah!

wassalamualaikum.wr.wb