About

Minggu, 24 Januari 2021

Penilaian Harian Tema 6 Sub Tema 3

 Hari/tanggal : Senin/ 25 Januari 2021




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 




Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang Kata Kunci dari Teks Eksplanasi pada Media
 Eksplanasi.meringkas informasi penting pada teks eksplanasi.Benda-Benda yang Bersifat Menghambat dan Mempercepat Perpindahan Kalor.Ciri-ciri Gambar Cerita pada Sampul Depan Buku,Mengidentifikasi kegiatan ekonomi di dataran rendah dan tinggi, menjelaskan akibat tidak ada penerapan tanggung jawab di sekolah,Menjelaskan Bahan konduktor dan isolator disekitar kita, menuliskan kembali informasi dari teks eksplanasi, dan menjelaskan makna tanggung jawab sebagai siswa dan warga negara. Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian Tema 6 Sub Tema 3.


Nah sebelum mulai mengerjakan soal jangan lupa berdoa dan jangan lupa ucapkan bismilah serta kerjakan secara mandiri dan jujur dan dengan teliti dan benar! klik link di bawah ini untuk mengerjakan soal penilaian harian tema  6 Subtema 3:


Ingat kerjakan soal hanya satu kali jangan berulang - ulang kali dan Jangan lupa kirimkan di grup dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta screnshoot bukti kalian telah mengerjakan ya nak!

Jangan lupa berikan komentar kalian pada blog bu Guru!

Terimakasih anak sholeh/sholeha VD jangan lupa shalat 5 waktu, jaga kesehatan dan semangat terus ya walaupun belajarnya dari rumah!

Wassalamualaikum,wr. wb.

Berikut ini dokumentasi kalian :







Kamis, 21 Januari 2021

Tema 6 Sub Tema 3 PB 5 dan 6

 Hari/Tanggal : Jum'at/22 Januari 2021




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Tema 6         : Panas dan Perpindahannya

Sub Tema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3), PPKn (KD 3.2, 4.2), IPA (KD 3. 6, 4. 6), SBdP (KD 3. 1, 4. 1)   

Kelas : VD

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa mampu menjelaskan contoh benda-benda yang menggunakan konsep perpindahan kalor yang termasuk konduktor dan isolator secara rinci dan lengkap

2. Siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media elektronik secara visual dengan tepat dan jelas.

3. Siswa mampu mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat gambar cerita secara benar

4. Siswa mampu melaporkan pengalaman penerapan melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara percaya diri.

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari materi perpindahan panas secara konduksi, konveksi dan radiasi. hari ini kita akan mempelajari materi tentang benda - benda yang menggunakan konsep perpindahan panas yaitu benda yang termasuk dalam konduktor dan isolator. Pelajari dengan baik dan pahami materinya ya nak!

IPA (KD 3. 6, 4. 6)

Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara. Udara
adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan wol memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar badan tetap hangat dan tidak kedinginan.
Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada bagian pada panci yang justru berfungsi
sebagai isolator. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya. Oven atau pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Dengan menggunakan bahan konduktor seperti
Aluminium, diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar. Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang dipanggang. Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk yang tertutup ini ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan secara merata. Mesin mobil dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin
yang ideal. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Dahulu, ketika listrik belum
banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber panas. Arang hitam dibakar terlebih dahulu, setelah menjadi bara baru kemudian dimasukkan ke dalam setrika. Setrika ditutup dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Biasanya setrika arang ini terbuat dari tembaga yang berat. Berbeda dengan setrika listrik yang digunakan saat ini.
Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di bagian bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian maka pada alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat
isolator.


Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)

Menuliskan Kembali Informasi dari Teks Eksplanasi

Menuliskan kembali informasi melalui tulisan dapat dilakukan dengan kegiatan membaca cermat. Setelah itu, kamu dapat menyusunnya menjadi sebuah karangan dengan bahasamu sendiri. Informasi yang disampaikan dapat ditulis dalam bentuk ringkasasn ataupun bentuk cerita. Berikut langkah-langkah dalam menuliskan kembali informasi teks.

  1. Perhatikan judul dan tema dalam teks.
  2. Tentukan gagasan pokok setiap paragraph dalam teks.
  3. Kembangkan gagassan pokok menjadi sebuah cerita yang padu menggunakan bahasamu sendiri.
  4. Saat menuliskan kembali, perhatikan keruntutan informasi yang kamu peroleh.

 

SBdP(3.1, 4.1)

Gambar Cerita
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orangorang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi
atau cerita imajinasi. Bagaimana gambar cerita dibuat? Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.
1. Teknik Kering
Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa atau rancangan gambar yang
menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan antara lain:
a. Pensil

b. Krayon
c. Pulpen atau Spidol

2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas.

 Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air.

 

PPKn (3.2, 4.2)

Menjelaskan Makna Tanggung  Jawab sebagai Sisw dan Warga Negara

Tanggung jawab merupakan sikap menyadari dan siap melaksanakan tugas. Tanggung jawab merupakan bagian dari kewajiban. TAnggung jawab dilaksanakan tanpa adanya perintah atau paksaan dari orang lain. Setiap tugas yang dilakukan dengan tanggung jawaab dilakukan atas kesadaran sendiri. Seseorang yang melaksanakan tugas dengan tanggung jawab biasanya melakukannya tanpa menunda-nunda tugas tersebut. Menunda-nunda tugas yang diberikan dapat berakibat pada terganggunya hak orang lain.

Berikut Hal-hal yang daapat menjaga kita agar menjadi orang bertanggung jawab.

  1. Memahami tugas dan kewajiban diri sendiri.
  2. Melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanpa menunda-nunda waktu.
  3. Tidak mencari-cari  alasan saat diminta untuk menyelesaikan tugas, kecuali sakit atau ada keperluan mendesak.
  4. Mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan diri sendiri.
  5. Menghormati hak-hak orang lain.
Bagaiman materinya paham ya nak! jika kurang paham kalian dapat menyimak video berikut ini dan tugasnya juga ada di video berikut ini! 
simak baik - baik ya nak!

jangan lupa kerjakan tugas dan kirimkan tugasnya dengan tepat waktu ya nak! kirimkan di WA grup kita!
terimakasih anak sholeh/sholeha VD jangan lupa shalat 5 waktu, tetep jaga kesehatan dan semangat selalu walaupun belajarnya dari rumah.
Wassalamualaikum.wr.wb 

Berikut dokumentasi kalian ya nak!









 


Tema 6 Sub Tema 3 PB 3 dan 4


Hari/tanggal : Kamis/ 21 Januari 2021




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD



Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Tema 6         : Panas dan Perpindahannya

Sub Tema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3), IPS (KD 3. 2, 4. 2) 

Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)

Meringkas Teks Eksplanasi

Ringkasan adalah intisari dari suatu teks yang terdiri atas pokok pikiran tiap paragraf.

Langkah-langkah dalam membuat ringkasan :

  1. Bacalah teks dengan saksama.
  2. Identifikasi pokok pikiran dari setiap paragraf.
  3. Tuliskan pokok pikiran yang kamu temukan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
  4. Rangkailah kalimat-kalimat pokok pikiran tersebut menjadi sebuah paragraph yang padu dan mudah dipahami.
  5. Periksa kembali kata-kata yang belum sesuai dengan kosakata baku dan ejaan yang sesuai kaidah yang baik dan benar.

 

 

IPS(3.2, 4.2)

Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Dataran Rendah

Dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi. Sebagai salah satu keragaman bentuk muka bumi, dataran rendah juga dikenal dengan istilah dataran aluvial.

Alluvial merupakan salah satu jenis tanah yang berasal dari endapan aliran sungai. Tanah ini juga subur dan baik untuk bercocok tanam., Selain itu, dataran rendah memiliki area yang relative datar sehingga kondisi ini membuat perpindahan masyarakat serta pengangkutan barang dan jasa menjadi lebih mudah.

Suhu udara di dataran rendah, khususnya untuk wilayah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai dengan 28 derajat Celsius sepanjang tahun.

Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir.

Kemudahan tersebut membuat dataran rendah berkembang menjadi pusat kegiatan masyarakat, salah satunya adalah kegiatan pembangunan pada bidang ekonomi seperti menanam padi dan menangkap ikan.

 

Mengidentifikasi Kegiatan Ekonomi di Dataran Tinggi

dataran adalah daratan datar yang luas dan umumnya tidak banyak berubah ketinggiannya. Dataran dapat berupa dataran rendah di sepanjang lembah atau di kaki pegunungan, dataran pesisir, dan dataran tinggi (plateau).

Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi.

Dataran adalah salah satu bentang alam utama di bumi. Dataran ada di semua benua, dan mencakup lebih dari sepertiga luas daratan dunia.  Dataran dapat terbentuk dari aliran lava, diendapkan oleh air, es, angin, atau dibentuk oleh erosi oleh agen-agen ini dari bukit dan gunung. Dataran umumnya memiliki bioma padang rumput (sedang atau subtropis), stepa (semi-kering), sabana (tropis) atau tundra (kutub). Dalam beberapa kasus, gurun dan hutan hujan juga ada di dataran.

Dataran sering menjadi daerah yang penting untuk pertanian karena di mana tanah diendapkan sebagai sedimen, tanah itu dalam dan subur, dan kerataannya memudahkan mekanisasi produksi tanaman; atau karena dataran mendukung padang rumput yang menyediakan pakan yang baik untuk ternak.

Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil dari erosi dan juga sedimentaasi (pengedapan material) yang tertimbun material-material dari lereng gunung yang berada di sekitarnya.

Aktivitas ekonomi masyarakat di dataran tinggi lebih cocok untuk perkebunan dan peternakan. Kedua kegiatan tersebut dapat dilakukan secara individu atau berkelompok. Interaksi manusia dengan lingkungan di bidang ekonomi dipengaruhi oleh beragamnya mata pencaharian masyarakat Indonesia. Perbedaan ini juga disebabkan oleh sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya.

PPKn (3.2, 4.2)

Menjelaskan Akibat Tidak Adanya Penerapan Tanggung Jawab di Sekolah.

Sikap tanggung jawab tidak hanya perlu dilakukan di lingkungan maassyarakat, namun juga di lingkungan sekolah. Tanggung jawab di sekolah tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi juga seluruh warga sekolah, misalnya guru, penjaga keamanan, dan pegawai sekolah. Setiap warga sekolah memiliki tanggung jawab masing-masing. Sebagai siswa bertanggung jawab misalnya untuk mengumpulkan tugass tepat waktu dan mengerjakan piket kelas sesuai jadwal. Tanggung jawab tidak diterapkan dengan baik, maka hal tersebut akan menimbulkan beberapa akibat, misalnya :

  1. Kelas menjadi kotor karena tidak ada kesadaran untuk membersihkan kelas.
  2. Mendapatkan teguran dari guru karena tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan
  3. Dijauhi atau tidak dihormati oleh teman.
Bagaimana penjelasan materi hari ini??jika ada yang kurang di pahami silahkan bertanya di WA grup kita ya nak!

Latihan hari ini akan bu Guru kirimkan melalui voicenote dan kalian juga cukup jawab melalui voicenote. 

Terimakasih anak sholeh/sholeha bu Guru 
Jangan lupa shalat 5 waktu dan tetep jaga kesehatan serta selalu semangat ya nak walaupun belajarnya dari rumah.

Wassalamualaikum.wr.wb 

berikut dokumentasi kalian :






Rabu, 20 Januari 2021

Soal penilaian harian matematika dan pembahasannya

Assalamualaikum.wr.wb 

Berikut ini adalah soal penilaian harian matematika dan pembahasan ya nak untuk dapat kalian pelajari!

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Bangun kubus mempunyai sisi sebanyak ….

a. 3   

b. 4    

c. 5    

d. 6

2. Jumlah rusuk kubus sebanyak ….

a. 15   

b. 12    

c. 6    

d. 8

3. Bangun kubus adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ….

a. Segitiga  

b. Persegi   

c. Persegi panjang  

d. Trapesium

4. Rumus untuk mencari volume kubus adalah ….

a. V = s x s  

b. V = r x r   

c. V = p x l x t  

d. V = s x s x s

5. Budi mempunyai kardus berbentuk kubus yang mempunyai panjang sisi 40 cm. Volume kubus milik Andi adalah …. cm³

a. 64.000  

b. 54.000   

c. 16.000  

d. 1.600

6. Rino mempunyai kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisinya 20 cm. Tentukan luas permukaanya adalah …. Cm2

a. 2.400

b. 3.200

c. 3.400

d. 4.200

7. Balok mempunyai jumlah rusuk sebanyak ….

a. 6 buah  

b. 8 buah

c. 10 buah

d. 12 buah

8. Perbedaan antara balok dan kubus di antaranya adalah ….

a. Jumlah sudutnya   

b. Besar sudut-sudutnya

c. Bentuk sisi-sisinya

d. Jumlah rusuknya

9. Rina mempunyai kotak pensil berbentuk balok dengan panjang 15 cm, lebar 8 cm dan tinggi 4 cm. Volume kotak pensil Rina adalah …. cm³

a. 480     

b. 540    

c. 660                                                                                                                                                       

d 640

10.Tentukan luas permukaan sebuah bangun balok jika diketahui panjangnya 12 cm,lebarnya 10 cm dan tingginya 5 cm .. 

a. 764

b. 600

c. 460

d. 376

KUNCI PEMBAHASAN

1.D 1.Bangun kubus memiliki 6 sisi

2.B. 2. Bangun kubus memiliki 12 rususk

3.B 3. Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi

4. D 4.Rumus mencari volume kubus aadalah : sxsxs

5. A 5. VOLUME KUBUS = SXSXS

        = 40X40X40 

= 64000 

6. A 6. Luas Permukaan kubus = 6 X S X S

             = 6 X 20 X 20 = 2.400 

7.D 7. Bangun Ruang Balok memiliki 12 rusuk

8.C 8. Perbedaan bangun kubus dan balok adalah pada bentuk sisinya.

Jika kubus semua bentuk sisinya sama ,bangun balok hanya sisi yang berhadapan yang bentuknya sama


9.A 9.VOLUME BALOK = PXLXT

  = 15 X 8 X 4

  = 480  


10. C 10. LUAS PERMUKAAN BALOK = 2(PXL+PXT+LXT)

     = 2(12X10+12X5+10X5

    = 2(120+60+50)

    = 2X230

    = 460 

Penilaian Harian Matematika 1

  Hari/tanggal : Rabu/ 20 Januari 2021




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Video berikut adalah untuk mengingatkan kalian tentang materi yang telah di pelajari!


Berikut Link soal Penilaian Harian Matematika 1:

Penilaian Harian Matematika 1

Jangan lupa kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta hasilnya di jadikan satu foto dan kirimkan ke WA grup ya nak!

Wassalamualikum.wr.wb

Berikut dokumentasi kalian:













Senin, 18 Januari 2021

Tema 6 Sub Tema 3 PB 1 dan 2

 Hari/tanggal : Selasa/ 19 Januari 2021




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Tema 6         : Panas dan Perpindahannya

Sub Tema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.3, 4. 3), IPA (KD 3. 6, 4. 6), SBdP (KD 3. 1, 4. 1)

Tujuan Pembelajaran:

1. siswa mampu menyebutkan kata kunci dari teks penjelasan secara tepat.

2. siswa mampu menjelaskan benda-benda yang dapat bersifat mempercepat dan menghambat perpindahan kalor secara benar

3.  siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri gambar cerita secara tepat.

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan Penilaian Harian Tema 6 Subtema 2 yaitu tentang menjelaskan isi teks media cetak melalui peta konsep,cara-cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,pola lantai dalam tarian daerah,.menjelaskan isi teks media cetak melalui pokok pikiran dan membuat kesimpulan isi teks media cetak dari diagram,Aktivitas masyarakat dalam lingkungan sosial,kewajiban,tanggung jawab,dan hak masyarakat,keuntungan dan kerugian perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,membuat ringkasan teks penjelasan,peragaan hasil kreasi pola lantai tari,menjelaskan hak dan kewajiban dalam.bentuk komik. Alhamdulillah hasil penilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Bu Guru harap untuk penilaian harian berikutnya kalian akan mendapatkan nilai yang lebih baik lagi ya nak. Kita mulai pembelajaran ya nak di simak dan di pelajari dengan baik!

Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)

Menyebutkan Kata Kunci dari Teks Eksplanasi pada Media

Sumber informasi dapat berasal dari media cetak, seperti cetak, seperti buku, ensiklopedia, Koran, majalah dan bulletin, atau media elektronik, seperti buku elektronik (e-book).

Kata kunci adalah kata-kata yang penting dan sering muncul di dalam sebuah teks. Ada kata kunci yang sudah dipahami dan ada juga kata kunci yang belum dipahami maknanya. Kamu dapat memahami kata kunci dengan mencari maknanya melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menjelaskan Informasi Penting dari Teks Eksplanasi.

Cara menggali dan mengetahui informasi penting dari suatu teks, selain membaca dengan cermat, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat pertanyaan. Membuat pertanyaan pada masing-masing paragraph dengan menggunakan kata Tanya apa, di mana, siapa, kapan, mengapa, dan bagaimana.

IPA (KD 3. 6, 4. 6)

Menjelaskan Benda-Benda yang Bersifat Menghambat dan Mempercepat Perpindahan Kalor.

Perpindahan kalor memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Mempelajari cara-cara menghambat dan mempercepat perpindahan kalor.

 


Gambar diatas Menunjukkan kegiatan mengambil makanan setelah dipanggang di microwave.

Pada gambar tersebut seseorang menggunakan kain lap untuk mengangkat wadah berisi makanan dari dalan microwave. Kain lap termasuk bahan bersifat isolator. Kain lap digunakan untuk menghambat perpindahan kalor dari Loyang sehingga tangan terhindar dari luka bakar. Selain itu, wadah yang digunakan untuk memanggang terbuat dari wadah alumunium. Alumunium digunakan untuk mempercepat perpindahan kalor sehingga makanan matang secara merata dan cepat. Aluminium termasuk bahan bersifat konduktor.

 

Konduksi

Masih ingatkah kamu mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat perantara yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas mengalir dari tempat yang
panas menuju tempat yang lebih dingin. Ada perantara panas yang dapat menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak.

 

Bahan Konduktor dan Isolator
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan
bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

Di atas adalah contoh bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.


Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

Mengidentifikasi Cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor pada Benda.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor. Buatlah rancangan suatu percobaan terkait dengan cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor. Rancangan dibuat dengan cara-cara sebagai berikut :

  1. Identifikasi benda-benda yang terkait konduktor dan isolator.
  2. Jelaskan cara kerja benda-benda konduktor dan isolator tersebut.
  3. Jelaskan pula apa yang akan terjadi jika tidak ada benda konduktor dan isolator.

 

SBdP (KD 3. 1, 4. 1)

Menjelaskan Ciri-ciri Gambar Cerita pada Sampul Depan Buku.

Di dalam buku atau majalah biasanya terdapat gambar cerita. Gambar cerita adalah gambar yang digunakan untuk menjelaskan maksud suatu cerita. Selain ada di dalam buku, gambar juga terdapat pada sampul depan buku. Gambar yang terdapat pada sampul depan buku berfungsi untuk menjelaskan keseluruhan isi buku yang dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut.

  1. Gambar berisi tentang isi buku.
  2. Gambar yang disajikan harus menarik.
  3. Terdapat judul buku yang ditulis dengan ukuran huruf lebih besar dari tulisan lainnya, nama penulis, dan nama penerbit buku.
  4. Warna yang digunakan dapat menarik perhatian pembaca.

Contoh:

Bagaimana anak sholeh/sholeha bu Guru paham dengan materi hari ini??Jika ada yang kurang di pahami dapat bertanya melalui WA group kita ya nak! setelah kalian pahami materi maka tugas kalian yaitu:

Latihan

Buatlah gambar dari sampul depan bukumu yang ada di rumah 1 sampul saja lalu jelaskan keseluruhan isi gambar sampul depan buku dibuat seperti contoh. Dan fotokan hasil tugasmu lalu kirimkan ke wa pribadi ibu guru.

Jika tugas kalian sudah selesai dapat kirimkan dokumentasi kalian ke Bu Guru ya nak! jadi hari ini kita telah mempelajari materi tentang menentukan kata kunci dari teks eksplanasi dan mengetahui benda - benda penghantar dan penghambat panas, serta kita juga bisa menjelaskan gambar cerita pada smpul buku.

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru.
Wassalamualaikum.wr.wb

Berikut Dokumentasi kalian!