About

Senin, 15 September 2025

Matematika dan Bahasa Indonesia

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Selasa, 16 September 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2 

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir ?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang latihan soal kacamata kadek dan warna panas dan warna dingin. Nah hari ini kita akan mempelajari cara mendapatkan informasi dari sebuah grafik dan soal cerita operasi hitung bilangan (penjumlahan dan pengurangan). Kita juga akan melaksanakan latihan soal terkait materi tersebut yaOke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dann sholehah. 

📌 Metode dan Media ajar

  • -Metode/Model pembelajaran: Discovery Learning
  • -Media ajar: Video pembelajaran, Jam dinding, penggaris segitiga,  papan tulis, benda lain di kelas, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

2.Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan   cacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.    Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian   dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
  2. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
  5. Murid dapat melakukan penjumlahan dengan bantuan benda konkret.

📌 Materi Bahasa Indonesia



Memahami cara mendapatkan informasi dari sebuah grafik

  • “Anak-anak, kalian pernah melihat grafik? Misalnya grafik jumlah siswa yang suka apel, jeruk, dan mangga. Grafik bisa membantu kita mengetahui informasi dengan cepat. Pernahkah kalian memperhatikan grafik seperti itu?”



Apa Itu Grafik?

Grafik adalah gambar yang bisa bercerita. Ada banyak jenis grafik, seperti grafik batang dan grafik lingkaran. Semua grafik punya cerita, tapi ceritanya bukan dengan kata-kata, melainkan dengan gambar dan angka.


Cara Membaca Grafik

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat melihat grafik:

  1. Judul Grafik: Judulnya ada di bagian atas. Judul ini yang memberitahu kita, grafik ini bercerita tentang apa. Misalnya, "Jumlah Mainan Favorit".

  2. Sumbu X dan Y:

    • Sumbu X ada di bawah, mendatar. Sumbu X berisi nama-nama hal yang dihitung, misalnya nama mainan seperti "boneka", "bola", dan "robot".

    • Sumbu Y ada di samping, tegak lurus. Sumbu Y berisi angka-angka, misalnya "1", "2", "3", dan seterusnya. Angka ini yang menunjukkan berapa banyak setiap benda.

  3. Melihat Batang atau Bagian Lainnya: Lihat gambar atau batang pada grafik. Misalnya, pada grafik batang, lihat batang mana yang paling tinggi? Batang yang paling tinggi berarti jumlahnya paling banyak. Batang yang paling pendek berarti jumlahnya paling sedikit.

Contoh Sederhana

  • Lihat batang untuk rasa cokelat. Batangnya sampai angka 5. Artinya, ada 5 orang yang suka rasa cokelat.

  • Lihat batang untuk rasa vanila. Batangnya sampai angka 3. Artinya, ada 3 orang yang suka rasa vanila.

  • Lihat batang untuk rasa stroberi. Batangnya sampai angka 8. Artinya, ada 8 orang yang suka rasa stroberi.

Dengan melihat grafik, kita bisa langsung tahu bahwa rasa stroberi adalah yang paling banyak disukai karena batangnya paling tinggi. Jadi, grafik membantu kita melihat dan membandingkan angka dengan lebih mudah dan cepat.

LKPD




📌 Materi Matematika
  • Penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari – hari.



  • : "Apakah ini situasi penjumlahan atau pengurangan? Mengapa?”
  •  

  • A. Penjumlahan dalam Kehidupan Sehari-hari

    Penjumlahan adalah proses menggabungkan dua kelompok atau lebih. Kata-kata yang sering muncul dalam soal cerita penjumlahan adalah: digabungkan, diberi lagi, dibeli lagi, jumlah, total, semuanya, bertambah.

    Contoh 1: Penjumlahan Sederhana

    • Soal Cerita: Di piring ada 4 buah apel. Ibu meletakkan 3 buah apel lagi di piring. Berapa total apel sekarang?
    • Penyelesaian:
      • Apel awal: 4
      • Ditambah lagi: 3
      • Kalimat Matematika: 4 + 3 = 7
    • Jawaban: Jadi, total apel sekarang ada 7 buah.

    Contoh 2: Penjumlahan dengan Angka yang Lebih Besar

    • Soal Cerita: Dini punya 12 pensil warna. Ayah membelikan Dini 5 pensil warna baru. Berapa jumlah pensil warna Dini sekarang?
    • Penyelesaian:
      • Pensil awal: 12
      • Dibeli lagi: 5
      • Kalimat Matematika: 12 + 5 = 17
    • Jawaban: Jumlah pensil warna Dini sekarang ada 17 buah.

    B. Pengurangan dalam Kehidupan Sehari-hari

    Pengurangan adalah proses mengambil atau mengurangi jumlah dari suatu kelompok. Kata-kata yang sering muncul dalam soal cerita pengurangan adalah: dimakan, hilang, pecah, diberikan kepada, sisa, selisih, berkurang, diambil.

    Contoh 1: Pengurangan Sederhana

    • Soal Cerita: Ibu membuat 10 kue bolu. Lalu, kamu dan adik memakan 4 kue. Berapa sisa kue bolu sekarang?
    • Penyelesaian:
      • Kue awal: 10
      • Dimakan: 4
      • Kalimat Matematika: 10 - 4 = 6
    • Jawaban: Sisa kue bolu sekarang ada 6 buah.

    Contoh 2: Pengurangan dengan Angka yang Lebih Besar

    • Soal Cerita: Edo mempunyai 18 kelereng. Saat bermain, kelerengnya hilang 7 buah. Berapa sisa kelereng Edo sekarang?
    • Penyelesaian:
      • Kelereng awal: 18
      • Hilang: 7
      • Kalimat Matematika: 18 - 7 = 11
    • Jawaban: Sisa kelereng Edo sekarang ada 11 buah.

    C. Soal Latihan dan Aktivitas

    Bacalah setiap soal dengan teliti dan selesaikanlah!

    1. Penjumlahan: a. Di dalam kotak pensil ada 9 spidol. Budi memasukkan 8 spidol lagi. Berapa total spidol di kotak pensil sekarang? b. Di taman ada 14 bunga mawar merah dan 6 bunga mawar putih. Berapa jumlah semua bunga mawar di taman?
    2. Pengurangan: a. Ibu membeli 15 buah jeruk. Setelah 5 jeruk dimakan, berapa sisa jeruk Ibu? b. Rani mempunyai 20 permen. Dia memberikan 9 permen kepada temannya. Berapa sisa permen Rani sekarang?
    3. Gabungan Penjumlahan dan Pengurangan: a. Paman memiliki 12 ekor ayam. Kemudian, Paman membeli 6 ayam lagi. Setelah beberapa hari, 3 ayam hilang. Berapa sisa ayam Paman sekarang? (Petunjuk: Lakukan penjumlahan dulu, baru pengurangan).
    Laltihan:

    : Bacalah cerita dan pilih apakah ini penjumlahan atau pengurangan. Lalu hitung jawabannya!

    1. Ani memiliki 8 kelereng. Dia diberi 6 kelereng lagi oleh temannya.
       Ini situasi:  Penjumlahan  Pengurangan
       Kalimat matematika: ____________
       Jawaban: ____________
    2. Ibu membawa 15 apel ke pasar. Ia menjual 7 apel.
       Ini situasi:  Penjumlahan  Pengurangan
       Kalimat matematika: ____________
       Jawaban: ____________
    3. Di kelas ada 10 anak. 4 anak pulang lebih dulu.
       Ini situasi:  Penjumlahan  Pengurangan
       Kalimat matematika: ____________
       Jawaban: ____________
    4. Rino punya 12 balok mainan. Ia diberi 5 lagi oleh kakaknya.
       Ini situasi:  Penjumlahan  Pengurangan
       Kalimat matematika: ____________
       Jawaban: ____________

     


  • REFLEKSI DAN KESIMPULAN PEMBELAJARAN
  • Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

      Welcome to Grade 2B

    Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

    Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

    Kelas / Semester         : 2B / 1

    Hari, Tanggal              : Senin, 15 September 2025


    Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

    Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

    Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

    Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

    Bagaimana nih setelah libur sabtu dan minggu? pada jalan-jalan kemana ya sholeh-sholehah 2B? MasyaAllah semua happy ya, mudah-mudahan semakin tambah semangat lagi belajarnya aamiin

    Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang tokoh perumus pancasila dan warna gelap dan warna terang. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang memahami grafik dan seni rupa warna terang dan warna gelap. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.


    📌 Metode dan Media ajar

        📌 Capaian Pembelajaran (CP):

    1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

    2. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

        📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

    1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
    2. Murid mampu mengamati dan mengenal elemen seni rupa (bentuk) di sekitarnya.

    📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
    2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
    3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
    4. Murid memahami bahwa berbagai jenis bentuk berasal dari garis yang terhubung.
    5. Murid dapat dapat mengidentifikasi bentuk geometris dasar (lingkaran, segitiga, segiempat.
    6. Murid dapat membuat berbagai bentuk yang lebih kompleks.

    📌 Materi Bahasa Indonesia



    Memahami cara mendapatkan informasi dari sebuah grafik

    • “Anak-anak, kalian pernah melihat grafik? Misalnya grafik jumlah siswa yang suka apel, jeruk, dan mangga. Grafik bisa membantu kita mengetahui informasi dengan cepat. Pernahkah kalian memperhatikan grafik seperti itu?”



    Apa Itu Grafik?

    Grafik adalah gambar yang bisa bercerita. Ada banyak jenis grafik, seperti grafik batang dan grafik lingkaran. Semua grafik punya cerita, tapi ceritanya bukan dengan kata-kata, melainkan dengan gambar dan angka.


    Cara Membaca Grafik

    Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat melihat grafik:

    1. Judul Grafik: Judulnya ada di bagian atas. Judul ini yang memberitahu kita, grafik ini bercerita tentang apa. Misalnya, "Jumlah Mainan Favorit".

    2. Sumbu X dan Y:

      • Sumbu X ada di bawah, mendatar. Sumbu X berisi nama-nama hal yang dihitung, misalnya nama mainan seperti "boneka", "bola", dan "robot".

      • Sumbu Y ada di samping, tegak lurus. Sumbu Y berisi angka-angka, misalnya "1", "2", "3", dan seterusnya. Angka ini yang menunjukkan berapa banyak setiap benda.

    3. Melihat Batang atau Bagian Lainnya: Lihat gambar atau batang pada grafik. Misalnya, pada grafik batang, lihat batang mana yang paling tinggi? Batang yang paling tinggi berarti jumlahnya paling banyak. Batang yang paling pendek berarti jumlahnya paling sedikit.

    Contoh Sederhana

    • Lihat batang untuk rasa cokelat. Batangnya sampai angka 5. Artinya, ada 5 orang yang suka rasa cokelat.

    • Lihat batang untuk rasa vanila. Batangnya sampai angka 3. Artinya, ada 3 orang yang suka rasa vanila.

    • Lihat batang untuk rasa stroberi. Batangnya sampai angka 8. Artinya, ada 8 orang yang suka rasa stroberi.

    Dengan melihat grafik, kita bisa langsung tahu bahwa rasa stroberi adalah yang paling banyak disukai karena batangnya paling tinggi. Jadi, grafik membantu kita melihat dan membandingkan angka dengan lebih mudah dan cepat.

    LKPD



    📌Materi Seni Rupa

  • WARNA PANAS DAN WARNA DINGIN


    ·  “apa yang kalian rasakan saat melihat warna-warna di gambar ini?”

    “warna mana yang terasa hangat dan warna mana yang terasa sejuk?”




  • 1.      Pengertian Warna Panas dan Dingin:

    ·         Warna Panas: Warna yang memberi kesan hangat atau panas, contohnya: merah, jingga, kuning.

    ·         Warna Dingin: Warna yang memberi kesan sejuk atau tenang, contohnya: biru, hijau, ungu.

    2.      Ciri-Ciri:

    ·         Warna panas → berkesan semangat, ceria, hangat.

    ·         Warna dingin → berkesan tenang, sejuk, damai.

    3.      Contoh Gambar:

    ·         Matahari (warna panas) Gambar Ikon Matahari Png, Vektor, PSD ...

    ·         Laut dan langit (warna dingin) Mengapa Air Laut Berwarna Biru? - Warung Sains Teknologi

  • LKPD

    Kelompokkanlah warna-warna berikut ke dalam warna panas atau warna dingin, kemudian tuliskan di bukumu lalu jelaskan alasanmu!

    No.

    Warna Panas

    Warna Dingin

    1.

     

     

    2.

     

     

    Dst.

     


  • Demikian materi pembelajaran pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN