About

Jumat, 04 Oktober 2024

Pendidikan Pancasila

  Hari/Tanggal: Jum'at, 4 Oktober 2024


MAPEL                          :  PENDIDIKAN PANCASILA

Alat Peraga/ Media       : Video/ Gambar

Metode                           : TANYA JAWAB

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha Bu Guru, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Apersepsi :

Modul Ajar: Mengenal Diriku Melalui Hobi

 Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menyebutkan hobi mereka di rumah dan sekolah.
  • Peserta didik dapat menjelaskan mengapa mereka menyukai hobi tersebut.
  • Peserta didik dapat membandingkan hobi mereka dengan teman-teman.
  • Peserta didik dapat menyajikan informasi tentang diri mereka melalui gambar atau cerita singkat.
SIMAK VIDIO DI BAWAH INI 👇



C. Materi Pembelajaran

  • Apa itu hobi? Hobi adalah kegiatan yang kita sukai dan dilakukan di waktu luang.
  • Contoh hobi di rumah: Membaca, menggambar, bermain dengan hewan peliharaan, membantu orang tua, dll.
  • Contoh hobi di sekolah: Bermain dengan teman, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (menari, olahraga, dll.), membuat karya seni, dll.
  • Mengapa hobi itu penting? Hobi dapat membuat kita bahagia, mengembangkan minat dan bakat, serta belajar hal-hal baru.

D. Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

  • Apersepsi: Guru mengajukan pertanyaan pembuka, seperti "Apa yang kalian suka lakukan di waktu luang?"
  • Motivasi: Guru menceritakan kisah singkat tentang tokoh terkenal yang memiliki hobi unik.
  • Pemberian Acuan: Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

2. Kegiatan Inti

    • Peserta didik diminta menyebutkan hobi mereka masing-masing.
    • Guru membuat daftar hobi di papan tulis.
    • Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok diminta membuat poster atau gambar yang menggambarkan hobi mereka.
    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil karya mereka.
    • Guru memfasilitasi diskusi tentang kesamaan dan perbedaan hobi antar siswa.
    • Peserta didik menuliskan alasan mengapa mereka menyukai hobi tersebut dalam bentuk kalimat sederhana.

    • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil kerja siswa.
    • Guru mengklarifikasi konsep yang belum dipahami siswa.

3. Kegiatan Penutup

  • Kesimpulan: Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  • Refleksi: Peserta didik diminta menuliskan hal yang paling mereka sukai dari kegiatan pembelajaran hari ini.
  • Tugas: Peserta didik diminta membuat cerita pendek tentang diri mereka yang menceritakan tentang hobi mereka.

E. Penilaian

  • Penilaian Sikap:
    • Keberanian dalam menyampaikan pendapat.
    • Kerjasama dalam kelompok.
  • Penilaian Pengetahuan:
    • Kebenaran jawaban saat menyebutkan hobi.
    • Kelengkapan penjelasan alasan menyukai hobi.
  • Penilaian Keterampilan:
    • Kemampuan membuat gambar atau poster.
    • Kemampuan menyampaikan presentasi.

F. Media Pembelajaran

  • Gambar-gambar yang menggambarkan berbagai macam hobi.
  • Poster kosong.
  • Spidol warna-warni.
  • Lembar kerja.

Baiklah cukup sekian materi hari ini, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diamalkan semua ilmu yang diberikan aamiin. Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.

REFLEKSI /RANGKUMAN
Berdasarkan pembelajaran hari ini kls 2 c dalam materi pendidikan pancasila sudah dapat menyebutkan hobi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar