About

Selasa, 01 Oktober 2024

Matematika, Seni rupa dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal: Rabu, 2 Oktober 2024


MAPEL                          : MATEMATIKA,SENI RUPA,BAHASA INDONESIA

Alat Peraga/ Media       : Video/ Gambar

Metode                           : Diskusi kelompok dan Permainan

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha Bu Guru, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Materi Ajar: Mengenal Segi Lima dan Segi Enam

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang bangun datar. hari ini kita akan mempelajari materi tentang segi banyak.menyebutkan dan membedakan bentuk segi lima dan segi enam.dan jumlah sisinya.untuk pembelajaran seni rupa menyebutkan alat dan bahan melukis,

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menyebutkan dan membedakan bentuk segi lima dan segi enam.
  • Siswa dapat menghitung jumlah sisi dan sudut pada segi lima dan segi enam.

Alat Bantu:

  • Gambar berbagai bentuk segi lima dan segi enam (misalnya: bintang, sarang lebah, kotak pensil dengan lima atau enam sisi)
  • Kertas berwarna
  • Pensil
  • Penghapus
  • Gunting

Kegiatan Pembelajaran:

1. Pengenalan

  • Guru memperlihatkan gambar-gambar segi lima dan segi enam.
  • Guru bertanya, "Apa yang kalian lihat pada gambar-gambar ini?"
  • Guru menjelaskan bahwa bentuk-bentuk tersebut dinamakan segi lima dan segi enam.

2. Mencari Benda di Sekitar

  • Siswa diminta mencari benda-benda di sekitar kelas yang memiliki bentuk segi lima atau segi enam.
  • Contoh: Pintu kelas, jendela, tutup botol, pensil warna, dll.

3. Menggambar Segi Lima dan Segi Enam

  • Guru memberikan kertas berwarna kepada setiap siswa.
  • Siswa diminta menggambar segi lima dan segi enam sebanyak yang mereka bisa.
  • Guru membimbing siswa dalam menggambar.

4. Menghitung Sisi dan Sudut
  • Guru bersama siswa menghitung jumlah sisi dan sudut pada gambar-gambar yang telah dibuat.
  • Guru menjelaskan bahwa segi lima memiliki 5 sisi dan 5 sudut, sedangkan segi enam memiliki 6 sisi dan 6 sudut.

5. Membuat Kerajinan

  • Siswa membuat kerajinan sederhana menggunakan bentuk segi lima dan segi enam.
  • Contoh: Membuat bingkai foto, membuat hiasan dinding, atau membuat kolase.

Penilaian:

  • Pengamatan selama kegiatan berlangsung.
  • Hasil gambar dan kerajinan siswa.
  • Jawaban siswa saat menjawab pertanyaan.

Latihan Soal:

  • Gambarlah sebuah bentuk yang memiliki 5 sisi. Apa nama bentuk tersebut?
  • Sebutkan 3 benda di sekitarmu yang berbentuk segi enam.
  • Berapa jumlah sudut pada segi lima?

Tips:

  • Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami anak-anak.
  • Sertakan banyak gambar dan contoh nyata untuk mempermudah pemahaman.
  • Libatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar.
  • Berikan pujian dan motivasi kepada siswa.

Materi Tambahan (untuk siswa yang lebih cepat memahami):

  • Mengenalkan jenis-jenis segi lima dan segi enam (beraturan dan tidak beraturan).
  • Membandingkan ukuran sisi dan sudut pada segi lima dan segi enam.

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menyebutkan berbagai macam alat dan bahan yang digunakan untuk melukis.
  • Siswa dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing alat dan bahan tersebut.
  • Siswa dapat memilih dan menggunakan alat dan bahan melukis dengan benar.
  • Siswa dapat mengembangkan kreativitas dalam melukis.

Materi:

Apa itu Melukis? Melukis adalah kegiatan menggambar dengan menggunakan cat warna-warni di atas kertas atau kanvas. Melalui melukis, kita bisa mengekspresikan perasaan dan imajinasi kita.

Alat dan Bahan Melukis

  1. Kertas:

    • Kertas merupakan bidang yang kita lukis. Ada banyak jenis kertas, seperti kertas gambar, kertas karton, atau kertas khusus untuk melukis.
  2. Cat:

    • Cat adalah warna yang kita gunakan untuk mewarnai gambar. Ada berbagai jenis cat, seperti cat air, cat akrilik, atau cat minyak. Cat air biasanya digunakan untuk anak-anak karena mudah dibersihkan.
  3. Kuas:

    • Kuas digunakan untuk mengoleskan cat ke kertas. Ada berbagai ukuran kuas, dari yang kecil hingga yang besar. Kuas yang kecil digunakan untuk membuat garis-garis halus, sedangkan kuas yang besar digunakan untuk mewarnai bagian yang luas.
  4. Palet:

    • Palet adalah tempat untuk mencampur cat. Kita bisa mencampurkan berbagai warna cat untuk mendapatkan warna baru.
  5. Gelas Air:

    • Gelas air digunakan untuk membilas kuas setelah digunakan.
  6. Pensil:

    • Pensil digunakan untuk membuat sketsa gambar sebelum kita mewarnainya.
Cara Menggunakan Alat dan Bahan Melukis
  1. Siapkan alat dan bahan: Letakkan semua alat dan bahan di atas meja dengan rapi.
  2. Buat sketsa: Gunakan pensil untuk membuat sketsa gambar yang ingin kamu lukis.
  3. Ambil cat: Celupkan kuas ke dalam cat yang ingin kamu gunakan.
  4. Oleskan cat: Oleskan cat ke kertas mengikuti sketsa gambarmu.
  5. Bersihkan kuas: Bilas kuas dengan air setelah selesai digunakan.

Kegiatan:

  • Tunjukkan berbagai macam alat dan bahan melukis: Bawa beberapa contoh alat dan bahan melukis yang berbeda-beda ke kelas. Jelaskan fungsi dari masing-masing alat dan bahan tersebut.
  • Ajak siswa untuk mencoba melukis: Sediakan kertas, cat, dan kuas untuk setiap siswa. Biarkan mereka bebas bereksplorasi dan menciptakan karya seni mereka sendiri.
  • Berikan contoh gambar sederhana: Tunjukkan contoh gambar sederhana yang bisa mereka tiru.
  • Berikan pujian: Berikan pujian atas setiap usaha dan karya siswa.

Evaluasi:

  • Amati proses siswa dalam menggunakan alat dan bahan melukis.
  • Perhatikan hasil karya siswa.
  • Berikan umpan balik yang positif dan membangun.

Tips:

  • Ajak siswa untuk bereksperimen dengan berbagai warna dan teknik melukis.
  • Libatkan siswa dalam membersihkan alat dan bahan setelah selesai digunakan.
  • Buat suasana belajar yang menyenangkan dan tidak tertekan.

Kegiatan Tambahan:

  • Membuat kolase dengan menggunakan kertas warna-warni, potongan majalah, dan lem.
  • Melukis dengan jari atau spons.
  • Membuat cap tangan atau kaki.

B.Indonesia

CP

Membaca

Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

TP

Membaca

Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

Bacalah cerita "Noken Kebanggaan Kami" di buku cetakmu dan temukan kosakata baru yang belum kamu ketahui maknanya.



Amati ilustrasi cerita di setiap halaman.
Tahukah kalian arti kata merajut, mengurai, dan memilin ?
Dapatkah kalian menebak artinya hanya dengan mengamati ilustrasi cerita dan membaca kalimat pendukung?
Berikut makna kosakata tersebut menurut KBBI:
merajut: membuat rajut
mengurai: menjadikan lepas terbuka, melonggarkan
memilin: memintal dengan jari atau telapak tangan; menjepit dengan jari, lalu memutar




Ingat kembali awalan “di-” yang telah kita pelajari pada bab sebelumnya.
Kata kerja yang diberi awalan “di-” disebut kata kerja pasif dan digunakan untuk membentuk kalimat pasif.
Kata kerja yang biasanya diberi awalan “me-” disebut kata kerja aktif dan digunakan untuk membentuk kalimat aktif.

Bacalah kembali cerita Noken Kebanggaan Kami, lalu mencari satu kalimat aktif dan satu kalimat pasif.

Baiklah cukup sekian materi hari ini, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diamalkan semua ilmu yang diberikan aamiin. Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.

Refleksi/Ringkasan materi 
Berdasarkan Pembelajaran hari ini materi bahasan indonesia tentang Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.beberapa siswa ada yg belum memahami dan materi diulas kembali pada pelajaran selanjutnya.
Sedangkan untuk pembelajaran seni rupa untuk materi Membuat cap tangan sudah baik dan dilanjutkan pembelajaran selanjutnya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar