About

Jumat, 27 November 2020

Tema 5 Sub Tema 3 PB 1,2,3 dan 4

 Hari/tanggal : Jum'at/27 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang  Menemukan Makna Kosakata serta  Melengkapi Peta Pikiran, Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan, Membuat Pertanyaan Teks Nonfiksi, Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem, Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari, Menyimpulkan Informasi dari Teks Nonfiksi, Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat dan Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi .  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran : 1 dan 2

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menemukan Makna Kosakata serta  Melengkapi Peta Pikiran

Setiap kali kita membaca teks, kamu akan menemukan kosakata di dalamnya. Kosakata dapat dicari maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Setelah membaca teks, informasi yang ditemukan dapat diringkas dengan menggunakan pikiran. Peta pikiran dapat disajikan dengan cara yang kreatif dan menarik untuk memudahkan seseorang memahami isi teks.

Muatan IPA ( KD 3.5 dan 4.5)

Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan

Rantai makanan adalah urutan proses memakan dan dimakan antarmakhluk hidup di dalam suatu ekosistem. Di dalam rantai makanan terdapat beberapa peran, antara lain produsen, konsumen, dan pengurai. Sedangkan jarring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan tersebut di dalam suartu ekosistem.

Pengertian jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Jadi disimpulkan bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Perbedaan rantai makanan dengan jaring-jaring makanan.Kalau rantai makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.

Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.

Contoh Jaring-jaring Makanan

 


Berdasarkan contoh di atas, dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa dari 13 mahluk hidup yang ada dalam sebuah jaring-jaring makanan terdapat 8 rantai makanan berbeda. Pada setiap rantai makanan, paus biru dan paus pembunuh menjadi mahluk hidup yang menjadi konsumen puncak.

Di sisi lain, rumput laut dan phytoplankton menjadi produsen pada jaring-jaring makanan tersebut. Berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari contoh di atas.

  • Organisme yang masuk ke dalam siklus jaring-jaring makanan tidak harus terlibat dalam seluruh rantai makanan yang terjadi.
  • Jaring-jaring makanan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan produsen utamanya, yaitu phytoplankton dan rumput laut.
  • Pada siklus makanan dengan produsen phytoplankton, zooplankton dan udang menjadi konsumen tingkat 1. Ikan kecil jadi konsumen tingkat 2, burung camar dan anjing laut menjadi konsumen tingkat 4, paus biru dan paus pembunuh menjadi konsumen tingkat akhir.
  • Pada jaring-jaring makanan dengan produsen rumput laut, kepiting menjadi konsumen tingkat 1, gurita jadi konsumen  tingkat 2, pinguin dan gajah laut sebagai konsumen 3, anjing laut konsumen tingkat 4, dan paus pembunuh sebagai konsumen tingkat akhir
  • Konsumen seperti anjing laut, paus pembunuh, dan ikan kecil mempunyai beberapa pilihan organisme untuk dimakan.

 

Muatan Bahasa Indonesia (kd 3.7 dan 4.7)

Membuat Pertanyaan Teks Nonfiksi

Menemukan informasib dalam teks dapat dilakukan dengan membuat atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengann isi teks. Setiap kata tanya mempunyai makna dan tujuan yang berbeda. Contoh kata Tanya yang dapat digunakan adalah:

APA, fungsinya adalah untuk menanyakan SESUATU. Sesuatu yang dimaksudkan bisa keadaan atau pun perbuatan.
SIAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan mengenai PELAKU suatu kejadian.
KAPAN, fungsinya adalah untuk menanyakan WAKTU berlangsungnya suatu kerjadian.
(di, ke, dari) MANA, fungsinya adalah untuk menanyakan TEMPAT atau LOKASI.
MENGAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan perihal ALASAN atau PENYEBAB suatu peristiwa.
BAGAIMANA, fungsinya adalah untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan PROSES atau CARA.
BERAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan JUMLAH, BANYAKNYA, atau SATUAN.

Muatan IPA 9 KD 3.5 dan 4.5)

Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem

Komponen-komponen dalam suatu ekosistem harus seimbang. Perubahan yang terjadi pada salah satu komponen dalam lingkungan dapat menyebabkan segala proses dalam ekosistem terganggu. Ekosistem yang terganggu menyebabkan terganggunya rantai makanan. Jika salah satu dari komponen rantai makanan tidak ada, komponen rantai makanan lainnya akan terganggu.

Akibat terganggunya jaring –jaring makanan, hewan yang ada dalam jaring-jaring makanan dapat memakan hewan lain di ekosistem yang berbeda.

Muatan SBdP ( KD 3.3 dan 4.3)

Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari

Tari merupakan karya seni yang pengungkapannya melalui gerakan. Penciptaan gerak dalam seni tari diawali dengan menentukan ide atau gagasan. Sumber ide gerak tarian biasanyadiperoleh melalui pengamatan terhadap gerak manusia, hewan, tumbuhan, atau alam. Selanjutnya, ide tersebut dikembangkan dalam bentuk gerakan dan dilengkapi dengan property, busana, tata rias, dan music yang sesuai.

Pembelajaran : 3 dan 4

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menyimpulkan Informasi dari Teks Nonfiksi

Menyimpulkan berarti menyarikan informasi berdasarkan apa yang telah diuraikan. Untuk menyimpulkan informasi dari teks nonfiksi, dapat mengacu pad hasil identifikasi teks nonfiksi berupa ide-ide pokok teks. Menyampaikan ide pokok dari dalam table atau peta pikiran ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasau sendiri.

Salah satu contoh teks nonfiksi adalah artikel. Artikel merupakan  sebuah tulisan yang berisi informasi yang disajikan berdasarkan fakta dan biasanya terdapat dalam majalah ataun surat kabar.

Muatan IPS ( KD 3.1 dan 4.1 )

Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Pengaruh letak strategis Indoneisa memberikan keuntungan sebagai berikut :

1.      Terjadi akulturasi (percampuran) antara budaya Indonesia dengan budaya asing.

2.      Memudahkan  penyebran  budaya Indonesia ke luar negeri.

Sedangkan kerugiananya dalah banyak budaya daerah yang tersingkirkan akibat masuknya budaya asing yang belum sepenuhnya diterima di Indonesia karena bertentangan dengan norma-norma di Indonesia.

Indonesian dikenal sebagai Negara maritim dan Negara agraris. Indonesia mwrupaka Negara kepulauan. Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan. Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan, disebut dengann Negara maritim.

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia memiliki  potensi maritim yang melimpah antara lain: pariwisata bahari, minyak bumi, dan sumberdaya laut yang beraneka ragam.

Selain potensi maritime, Indonesia dikenal dengan Negara agraris karena banyak penduduk nyab yang  bermata pencaharian sebagai petani dan berkebun, seperti rempeh-rempah, cokelat, tembakau dan buah-buahan.

Muatan PPKn ( KD 3.4 dan 4.4 )

Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi

Keragaman latar belakang rakyat Indonesia tidak jadi penghalang dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan social budaya yaitu ;

1.      Saling menghormati penganut agama lain yang sedang beribadah.

2.      Bergotongb royong membeesihkan lingkungan.

3.      Bekerja saman membangun sarana umum

4.      Membantu korban bencana alam

5.      Menghargai kebudayaan suku lain.

Berikut cara menjaga persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.      Bersikap terbuka terhadap pelaku ekonomi lain

2.      Menhgormati dan menghargai sesame pelaku ekonomi

3.      Menyelesaikann masalah yang dihadapi dengan musyawarah

4.      Memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana

5.      Menjalinn kerja sama dengan baik dan bersikap jujur

Berikut manfaat persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.      Kebutuhan ekonomi rakyat dapat terpenuhi

2.      Pemerataan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia dapat tercapai

3.      Terbukanya lapangan pekerjaan sehingga mengurangin penggangguran

Setelah mempelajari materi di atas jika ada pertanyaan silahkan komen di blog atau di WA grup kita dan tugasnya hari ini akan bu Guru kirimkan melalui grup WA ya nak!

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha VD semangat selalu jaga kesehatan dan jangan lupa shalat 5 waktu ya Nak!

Wassalamualaikum.wr.wb 

10 komentar:

  1. Nama:Nayaka putri akila
    Absen:26
    Saya sudah memahami pelajaran diblog ini Bu πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. gafito oktabara setiawan
      kelas 5D
      saya sudah memahami materi
      di blog ibu

      Hapus
  2. Nama: Annora Quinn a. S
    Kelas: 5D
    Ket: Saya sudah memahami pelajaran NY ya buπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  3. Nama:ana anisa olivia
    Kelas 5D
    Anisa sudah memahami nya bu

    BalasHapus
  4. NAMA:M.REVAN AL RIDHO
    KELAS:5D
    REVAN SUDAH MEMAHAMI NYA BU

    BalasHapus

  5. Assalamuallaikum bu,,
    Vico Abiyu R.F
    Sudah menyimak materinya bu,terimakasih

    BalasHapus
  6. Fauzy almer firdadus
    Kls 5D
    Saya sudah membaca
    materi hari ini terimakasih bu

    BalasHapus
  7. M. Zidane Aljabarho RS
    5D
    Saya sudah menyimak materi hari ini terimakasih Bu

    BalasHapus
  8. Ilmira Moza Aulia
    Sudah memahami pembelajaran yang ada di blogger ibu fitka

    BalasHapus
  9. Amelia sari 5D
    saya sudah memahami materi diatas bu

    BalasHapus