About

Senin, 14 Agustus 2023

Pendidkan Pancasila, IPAS dan Seni Tari

  Hari/Tanggal : Senin, 14 Agustus 2023

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
PENDIDIKAN PANCASILA : Pancasila
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
PEND. PANCASILA :
1. Peserta didik memahami materi tentang sikap dan perilaku sesuai dengan sila-sila Pancasila.


Materi Pendidikan Pancasila



Elemen : Pemahaman Sains 
IPAS 
Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). 

Tujuan Pembelajaran/ CP : 
Peserta didik dapat memahami massa dan volume pada benda. 

Alur Tujuan Pembelajaran/ ATP : 
Peserta didik memahami hubungan Massa dan Volume 

Materi IPAS : 

Zat (Materi) di Sekitar Kita. 

Alam semesta tempat kita tinggal terdiri atas banyak materi. Materi adalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang. Materi ada yang berupa makhluk hidup seperti kita (manusia), hewanhewan, tumbuhan, jamur dan bakteri. Ada juga yang berupa makhluk tak hidup atau yang sering kita sebut dengan benda, seperti buku, papan tulis, awan, langit, tanah dan sebagainya.







ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
> SENI TARI : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
> SENI TARI :
1. Peserta didik dapat menyebutkan contoh gerak tari yang berkaitan dengan peristiwa sehari-sehari (kontekstual) dan makna nilai yang terkandung

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
> SENI TARI :
1. Peserta didik menyebutkan contoh gerak tari yang berkaitan dengan peristiwa sehari-sehari (kontekstual) dan makna nilai yang terkandung


MATERI :
> SENI TARI :
Gerak Tari

EKPLORASI GERAK
Garakan tari sebagai berikut :
1. Gerak baris : penari berbaris sesuai posisi pola lantai.
2. Gerak melambaikan tangan : gerak melambaikan tangan keatas.
3. Gerak meloncat : gerak melomcat kekanan kekiri Bersilangan.
4. Gerak memanggil : gerak memanggil seseorang.
5. Gerak berputar : berputar antara 2 orang
6. Gerak melambai : gerak melambaikan satu tangan didepanDada.
7. Gerak tangan ditekuk : tanggan ditekuk didepan dada dan diayunkan keatas ke bawah.
8. Gerak semuanya : gerak memutar tanggan dari bawah ke atas Seperti menunjukan semuanya.
9. Gerak memutar jari : gerak memutar jari salah satu diatas dan salah satu di bawah.
10. Gerak tanggan naik turun : gerak tangan lurus melambai kedepan naik turun.
11. Gerak pinggul : gerak pinggul kekanan kesamping.
12. Gerak lambai 2 tangan : gerak lambai  2 tanggan dan didepan dada.
13. Gerak suit : gerakan suit batu kertas gunting.
14. Gerak dayung : gerak dayung tanggan atas bawah.
15. Gerak cublak-cublak suweng berdiri : Gerakan cublak-cublak suweng berdiri. 
16. Gerak cublak-cublak suweng duduk :Gerakan cublak-cublak suweng duduk.
17. Gerak membully : gerak mengolok- golok.
18. Gerak meminta maaf : gerak maaf-maafan.
19. Gerak penutup : mengayunkan tanggan bersama dari atas kebawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar