About

Selasa, 29 April 2025

Matematika dan Seni Rupa

 Hari/Tanggal: Selasa/ 29 April 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.

Matematika
Elemen

Analisis Data dan Peluang

Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan diagram turus.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.

Media / Alat peraga

Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇

Turus yang akan kita pelajari hari ini berarti perhitungan jumlah data dengan menggunakan garis lurus atau miring. Turus dapat digunakan untuk mempermudah pembacaan angka yang berjumlah banyak tanpa perlu melakukan perhitungan secara manual.






Latihan :
Jawablah soal berikut!


 SENI RUPA


Elemen
Menciptakan (Making/ Creating)

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Tujuan Pembelajaran 

peserta didik dapat mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalamberkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalamberkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.


Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning

Materi:

Seni melipat origami


SENI MELIPAT ORIGAMI

Siapa yang suka melipat kertas?

Seni melipat dan membentuk kertas disebut jugamsebagai Origami.

Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.

Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertasbersama-sama !

TEKNIK MELIPAT DAN MEMBENTUK KERTAS

Sebelum membuat origami, kita perlu belajar.Kita harus belajar teknik melipat terlebih dahulu.Tujuannya supaya memudahkan kita untuk membuat karya membentuk dan melipat kertas atau yang bisa kita sebut dengan Origami.

Melipat kertas lebih mudah jika mengikuti petunjuk.Berikut beberapa teknik dalam petunjuk melipat kertas.

1). Lipatan Lembah flip

2). Lipatan Gunung atau Puncak, merupakan kebalikan dari lipatan lembah


3). Lipatan The Zig-zag Flip

4). Lipatan Flip terbalik internal dan eksternal adalah bertentangan kali lipatkeluar dan kedalam menjadi lambang


5). Lipatan Ganda Terbalik yaitu lipatan Ganda dalam puncak

6). Lipatan Ganda terbalik keluar yaitu luar lipatan Ganda puncak


Ayo Berkreasi

Cara membuat Kupu-kupu

1. Siapkan kertas lipat berbentuk persegi.Lipat kertas sama besar dari atas kebawah dan dari pinggir ke tengah. Bukalipatannya sehingga akan terbentukempat persegi kecil.
2.Lipat kertas secara diagonal lalu bukalipatan.
3.Tekan bagian tengah kertas ke tengah.Lalu lipat bagian atas dan bawahsehingga berbentuk segitiga.
4. Lipat sudut segitiga ke arah tengah danputar lalu balikkan kertas.
4.Lipat ujung atas sampai ke bawah.Selipkan ujung kertas ke dalam lipatan.
5.Satukan kedua bagian, lipat dan tekan.
6.Tahan kedua sisi yang sudah dilipat. Jikamau kamu bisa menambahkan lem agarkedua sayap tetap kokoh.
7.Buatlah kertas dalam posisi berdirilayaknya kupu-kupu yang hinggap.
8.Origami kupu-kupu sudah selesai

atau perhatikan video berikut untuk tutorial membuat kupu-kupu memakai kertas origami.


Setelah memahami tutorial atau cara pembuatan kupu-kupu dengan menggunakan kertas origami silahkan ananda membuat kupu-kupu dengan kertas origami yang sudah ibu guru siapkan.
Selamat mengerjakan!

Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb

Refleksi /ringkasan materi
Berdasarkan pembelajaran hari ini di kls 2 c Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan diagram turus dan untuk materi seni rupa peserta didik dapat memahami tutorial atau cara pembuatan kupu-kupu dengan menggunakan kertas origami








Tidak ada komentar:

Posting Komentar