Hari/Tanggal: Rabu/ 23 April 2025
Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab,
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Elemen:
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui bermain kartu peran, peserta didik dapat mengetahui kalimat ajakan.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, bermain peran, tanya jawab.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Kalimat imbauan atau ajakan bertujuan mengajak seseorang melakukan sesuatu.
• Dalam kalimat imbauan kata kerjanya memakai akhiran –lah.
Contohnya : Buanglah sampah pada tempatnya! : Jagalah kebersihan kelas!
• Kalimat ajakan memakai kata “ayo” dan “mari”.
Contohnya : Ayo, buang sampah pada tempatnya!
: Mari kita jaga kebersihan !
Pilihlah satu kartu peran dari guru kalian. Buatlah percakapan bersama seorang teman kalian. Gunakan kalimat imbauan atau ajakan. Peragakanlah dialog kalian di depan kelas.
Dalam kegiatan ini kalian belajar berbicara menggunakan kalimat imbauan dan ajakan.
Plastik adalah sampah yang sulit terurai. Namun, kita bisa mengolahnya agar berguna. Contohnya dengan membuat eco brick.
Bacalah cerita berikut bersama guru.
Ketika Hujan Turun
Hore, akhirnya hujan turun! Dida senang udara tidak lagi panas. Dia juga bisa bermain air sepuasnya.
Hujan tidak berhenti turun selama tiga hari. Dida pun mulai bosan. Kapan hujan akan berhenti? Ibu juga melarangnya main hujan lagi. “Nanti kamu bisa sakit,” kata ibu
Ternyata hujan terus-menerus tidak menyenangkan. Dida kesulitan bergerak ketika memakai jas hujan. Payungnya juga sering tertiup angin. Uh! Tidak asyik!
Namun ada hal lain yang membuat Dida cemas. Air sungai semakin tinggi. Arusnya membawa banyak sampah. Mengapa orang membuang sampah di sungai? Bukankah itu akan menyebabkan banjir?
Dida ingat bencana banjir tahun lalu. Barang-barang di rumah rusak atau hilang. Orang-orang pun jatuh sakit. Dida tidak ingin itu terjadi lagi. Kapan hujan akan berhenti?
Kata ulang yang menunjukkan jumlah benda lebih dari satu.
Tanda hubung (-) ditulis di antara kata ulang.
Kata ulang memiliki beberapa arti.
1. Menunjukkan jumlah yang lebih dari satu. Contohnya: buku-buku, meja-meja
2. Menunjukkan sesuatu yang terjadi berulang. Contohnya: terus-menerus, berkali-kali
Baca cerita “Ketika Hujan Turun” sekali lagi. Kemudian jawablah pertanyaan berikut
1. Perhatikan gambar pertama dalam cerita. Apakah gambar tersebut sesuai dengan teks? Jelaskan pendapat kalian! 2. Bekerjalah bersama seorang teman kalian. Bacalah puisi berikut. Lalu, buatlah sebuah puisi sederhana tentang banjir. Kemudian bacakan puisi kalian secara bergantian.
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb
REFLKSI /RINGKASAN MATERI
Berdasarkan pembelajaran hari ini di kls 2 c materi matematika peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan diagram turus. sedangkan untuk materi bahasa indonesia peserta di sudah menyelesaikan eco brek dan yang belun selesai karana tidak masuk sekolah dilanjutkan di rumah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar