About

Minggu, 10 Agustus 2025

Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Senin, 11 Agustus 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Bagaimana nih setelah libur sabtu dan minggu? pada jalan-jalan kemana ya sholeh-sholehah 2B? MasyaAllah semua happy ya, mudah-mudahan semakin tambah semangat lagi belajarnya aamiin

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang bunyi sila dan simbol pancasila dan menggambar dari gabungan macam-macam garis ya. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari yaitu garis dan warna. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.


📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •      Media ajar: Video pembelajarana, Jam dinding, penggaris segitiga,  papan tulis, benda lain di kelas, 

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

  2. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
  2. Murid mampu mengamati dan mengenal elemen seni rupa (bentuk) di sekitarnya.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid memahami bahwa berbagai jenis bentuk berasal dari garis yang terhubung.
  5. Murid dapat dapat mengidentifikasi bentuk geometris dasar (lingkaran, segitiga, segiempat.
  6. Murid dapat membuat berbagai bentuk yang lebih kompleks.

📌 Materi Bahasa Indonesia


 
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!

“Apa judul dari cerita tersebut?"

"Siapa saja tokoh yang ada pada cerita tersebut?"

 
  

Menuliskan kembali isi cerita

Menuliskan kembali isi cerita atau disebut juga menulis sinopsis merupakan kegiatan menceritakan kembali sebuah cerita yang sudah dibaca atau didengar dengan menggunakan bahasa kita sendiri. 

Tujuan Menulis Kembali Isi Cerita

  • Melatih Pemahaman

  • Mengembangkan Kosakata

  • Melatih Keterampilan Menulis

  • Mengasah Daya Ingat

Langkah-Langkah Menulis Kembali Isi Cerita

Langkah-langkah sederhana untuk menulis kembali isi cerita yaitu:

  1. Membaca atau Mendengarkan Cerita dengan Seksama: Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Fokus pada apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita.

  2. Menemukan Tokoh dan Latar: Menemukan siapa saja tokoh di dalam cerita dan di mana cerita itu terjadi.

  3. Menuliskan Urutan Kejadian: Menuliskan apa yang terjadi pertama, kemudian apa yang terjadi selanjutnya, dan bagaimana cerita itu berakhir. Misalnya dengan membuat poin-poin sederhana terlebih dahulu.

  4. Menggunakan Bahasa Sendiri: Setelah urutan kejadiannya jelas, kita dapat menceritakan kembali kejadian tersebut dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. 

  5. Menulis Pesan Moral (Jika Ada): Menemukan pelajaran atau pesan baik yang bisa diambil dari cerita tersebut, seperti "Jangan berbohong" atau "Kita harus saling tolong menolong."


Contoh Sederhana

Membaca cerita tentang kelinci dan kura-kura yang lomba lari.

  • Tokoh: Kelinci dan Kura-kura.

  • Latar: Di hutan.

  • Urutan Kejadian:

    • Kelinci menantang kura-kura lomba lari.

    • Kelinci merasa sombong dan tidur di tengah jalan.

    • Kura-kura terus berjalan pelan-pelan.

    • Kura-kura akhirnya menang lomba.

  • Pesan Moral: Kita tidak boleh sombong dan harus terus berusaha.

Dengan menggunakan poin-poin ini, kita bisa menuliskan kembali ceritanya dengan kalimat sederhana, misalnya:

"Ada kelinci dan kura-kura yang lomba lari di hutan. Kelinci sombong sekali. Dia tidur saat lomba. Kura-kura tidak menyerah dan terus berjalan. Akhirnya, kura-kura menang. Kita tidak boleh sombong seperti kelinci."


Latihan Soal!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi ceritnya kemudian tuliskan kembali isi cerita dengan bahasamu sendiri! 


📌Materi Seni Rupa


  • BENTUK DI SEKITAR


  • “Garis apa yang ada pada gambar tersebut?”


    Menggambar adalah kegiatan membuat bentuk (menggabungkan berbagai macam garis) atau gambar menggunakan alat gambar seperti pensil atau crayon (warna).

  • Kegiatan menggambar bisa dilakukan untuk mengekspresikan ide, perasaan, atau menceritakan sesuatu melalui gambar. Anak-anak biasanya menggambar benda di sekitarnya seperti rumah, pohon, hewan, atau keluarganya.
  • Langkah-Langkah Menggambar Benda Sederhana

    1. Memilih Benda: Misalnya sebuah gelas, buku, atau buah.

    2. Menggambar Garis Dasar: Misalnya, jika menggambar gelas, anak bisa memulai dengan bentuk persegi panjang dan sedikit lengkungan di atasnya.

    3. Menambahkan Detail: Setelah bentuk dasar jadi, kita dapat menambahkan detail-detail kecil menggunakan garis.

    4. Mewarnai Gambar: Setelah semua garis selesai, warnailah  sesuai dengan benda aslinya, atau dapat berkreasi dengan warna yang diinginkan.

     

  • LATIHAN!
  • Buatlah sebuah gambar sederhana yang terinspirasi dari benda, hewan, atau tanaman di sekitarmu!
  • contoh:
  •  


     


    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Peserta didik belajar memahami isi cerita pendek yang dibacakan atau ditayangkan guru. Mereka diminta untuk mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur cerita secara sederhana. Sebagian besar peserta didik dapat menyebutkan tokoh utama dan menceritakan kembali isi cerita dengan kalimat mereka sendiri. Masih ada beberapa peserta didik yang perlu bimbingan untuk menyampaikan kembali cerita secara runtut, tetapi mereka sudah menunjukkan usaha yang baik dalam menyimak dan memahami cerita.

    Dalam pembelajaran seni rupa, peserta didik mengenal dan mengamati berbagai bentuk geometri seperti lingkaran, persegi, segitiga, dan persegi panjang. Mereka menggunakannya untuk membuat gambar sederhana, misalnya rumah, pohon, atau kendaraan. Peserta didik terlihat kreatif dalam menggabungkan bentuk-bentuk tersebut menjadi karya yang unik. Sebagian besar sudah mampu mengenali bentuk dasar dengan tepat, meskipun ada yang masih memerlukan latihan dalam menggambar bentuk agar lebih presisi.

    Kesimpulan:

    Pembelajaran hari ini berjalan dengan baik. Peserta didik menunjukkan kemampuan yang cukup baik dalam mengidentifikasi unsur cerita pendek serta kreativitas dalam menggunakan bentuk geometri untuk membuat karya seni. Latihan yang berkesinambungan akan membantu mereka lebih percaya diri dalam menyampaikan cerita dan menghasilkan karya yang rapi.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar