Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Senin, 04 Agustus 2025
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Bagaimana nih setelah libur sabtu dan minggu? pada jalan-jalan kemana ya sholeh-sholehah 2B? MasyaAllah semua happy ya, mudah-mudahan semakin tambah semangat lagi belajarnya aamiin
Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang bunyi sila dan simbol pancasila dan menggambar dari gabungan macam-macam garis ya. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari yaitu garis dan warna. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
-Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning
-Media ajar : Video pembelajarana berisi cerita singkat, Gambar macam-macam garis dan warna, contoh gambar gelas, dan benda lain disekitar. LKPD.
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.
2. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
1. Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
2. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
4. Murid dapat menjelaskan secara lisan atau tulisan sederhana tentang dua unsur rupa yang diamati.
5. Murid menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari.
📌 Materi Bahasa Indonesia
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
“Apa judul dari cerita tersebut?"
"Siapa saja tokoh yang ada pada cerita tersebut?"
Menuliskan kembali isi cerita
Menuliskan kembali isi cerita atau disebut juga menulis sinopsis merupakan kegiatan menceritakan kembali sebuah cerita yang sudah dibaca atau didengar dengan menggunakan bahasa kita sendiri.
Tujuan Menulis Kembali Isi Cerita
• Melatih Pemahaman
• Mengembangkan Kosakata
• Melatih Keterampilan Menulis
• Mengasah Daya Ingat
Langkah-Langkah Menulis Kembali Isi Cerita
Langkah-langkah sederhana untuk menulis kembali isi cerita yaitu:
1. Membaca atau Mendengarkan Cerita dengan Seksama: Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Fokus pada apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita.
2. Menemukan Tokoh dan Latar: Menemukan siapa saja tokoh di dalam cerita dan di mana cerita itu terjadi.
3. Menuliskan Urutan Kejadian: Menuliskan apa yang terjadi pertama, kemudian apa yang terjadi selanjutnya, dan bagaimana cerita itu berakhir. Misalnya dengan membuat poin-poin sederhana terlebih dahulu.
4. Menggunakan Bahasa Sendiri: Setelah urutan kejadiannya jelas, kita dapat menceritakan kembali kejadian tersebut dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti.
5. Menulis Pesan Moral (Jika Ada): Menemukan pelajaran atau pesan baik yang bisa diambil dari cerita tersebut, seperti "Jangan berbohong" atau "Kita harus saling tolong menolong."
________________________________________
Contoh Sederhana
Membaca cerita tentang kelinci dan kura-kura yang lomba lari.
• Tokoh: Kelinci dan Kura-kura.
• Latar: Di hutan.
• Urutan Kejadian:
• Kelinci menantang kura-kura lomba lari.
• Kelinci merasa sombong dan tidur di tengah jalan.
• Kura-kura terus berjalan pelan-pelan.
• Kura-kura akhirnya menang lomba.
• Pesan Moral: Kita tidak boleh sombong dan harus terus berusaha.
Dengan menggunakan poin-poin ini, kita bisa menuliskan kembali ceritanya dengan kalimat sederhana, misalnya:
"Ada kelinci dan kura-kura yang lomba lari di hutan. Kelinci sombong sekali. Dia tidur saat lomba. Kura-kura tidak menyerah dan terus berjalan. Akhirnya, kura-kura menang. Kita tidak boleh sombong seperti kelinci."
Latihan Soal!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi ceritnya kemudian tuliskan kembali isi cerita "Kotak Kayu" dengan bahasamu sendiri!
📌Materi Seni Rupa
MENGGAMBAR
• Menggambar adalah kegiatan membuat bentuk (menggabungkan berbagai macam garis) atau gambar menggunakan alat gambar seperti pensil atau crayon (warna).
• Kegiatan menggambar bisa dilakukan untuk mengekspresikan ide, perasaan, atau menceritakan sesuatu melalui gambar. Anak-anak biasanya menggambar benda di sekitarnya seperti rumah, pohon, hewan, atau keluarganya.
• Langkah-Langkah Menggambar Benda Sederhana
1. Memilih Benda: Misalnya sebuah gelas, buku, atau buah.
2. Menggambar Garis Dasar: Misalnya, jika menggambar gelas, anak bisa memulai dengan bentuk persegi panjang dan sedikit lengkungan di atasnya.
3. Menambahkan Detail: Setelah bentuk dasar jadi, kita dapat menambahkan detail-detail kecil menggunakan garis.
4. Mewarnai Gambar: Setelah semua garis selesai, warnailah sesuai dengan benda aslinya, atau dapat berkreasi dengan warna yang diinginkan.
• LATIHAN!
• Buatlah sebuah gambar sederhana yang terinspirasi dari benda, hewan, atau tanaman di sekitarmu!
• contoh:
📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Peserta didik belajar menyimak cerita yang dibacakan oleh guru dengan tujuan melatih kemampuan mendengarkan dan memahami isi cerita. Setelah menyimak, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sederhana mengenai tokoh, peristiwa, dan isi cerita secara lisan. Mereka tampak fokus dan tertarik mengikuti alur cerita, serta mulai menunjukkan kemampuan memahami cerita dengan baik.
Dalam pelajaran seni rupa, peserta didik diberikan gambar yang berisi berbagai macam garis, seperti garis lurus, lengkung, zig-zag, dan putus-putus. Mereka melakukan kegiatan mewarnai gambar tersebut sambil menyebutkan jenis-jenis garis yang ada pada gambar. Peserta didik tampak senang dan aktif selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini membantu mereka melatih kreativitas, koordinasi motorik halus, dan pemahaman visual terhadap bentuk garis.
Kesimpulan:
Pembelajaran hari ini berlangsung dengan baik. Peserta didik mulai mampu memahami isi cerita melalui kegiatan menyimak dan dapat menyebutkan jenis garis sambil mewarnai dengan rapi. Kegiatan yang variatif dan menyenangkan ini mampu meningkatkan keterampilan menyimak, motorik halus, serta daya kreativitas siswa. Latihan lanjutan tetap diperlukan agar keterampilan yang dimiliki semakin berkembang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar