About

Rabu, 19 November 2025

Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia dan PAK

  Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Rabu, 19 November 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah latihan membuat kalimat menggunakan kata depan di serta pengukuran panjang pendek dan berat benda. hari ini kita akan mempelajari masih tentang materi membuat kalimat menggunakan kata awalan di , sikap peduli dan aturan dirumah. Oke, pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ..

📌 Metode dan Media ajar

o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning

o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD

 

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid  mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid  mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid  mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

2.  Murid menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

3.   Murid mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di Lingkungan keluarga.

📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

1.  Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.

2. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

3. Mengenal aturan di  lingkungan keluarga

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.

2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.

3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.

4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).

5. Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi sikap mandiri di lingkungan rumah dan sekolah.

6. Murid didik dapat mengenal aturan di  lingkungan keluarga / rumah


MATERI PENDIDIKAN PANCASILA

  •  
  • Manfaat Mematuhi Aturan di Lingkungan Sekolah 


  • 1. Pengertian Aturan di Sekolah

    Aturan di sekolah adalah pedoman atau ketentuan yang dibuat untuk mengatur perilaku seluruh warga sekolah, seperti guru, siswa, dan pegawai, agar kegiatan belajar berjalan tertib, aman, dan menyenangkan.


    2. Tujuan Aturan di Sekolah

    • Menjaga ketertiban dan kedisiplinan di sekolah.

    • Membentuk tanggung jawab dan sikap patuh terhadap kesepakatan bersama.

    • Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.

    • Mengajarkan nilai-nilai karakter, seperti disiplin, sopan santun, dan kerja sama.


    3. Contoh Aturan di Sekolah



    • Datang ke sekolah tepat waktu.

    • Mengikuti upacara bendera dengan tertib.

    • Menghormati guru dan teman.

    • Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

    • Memakai seragam lengkap dan rapi.

    • Tidak berkelahi atau mengejek teman.

    • Mengerjakan tugas yang diberikan guru.


    4. Akibat Jika Melanggar Aturan

    • Mendapat peringatan atau teguran dari guru.

    • Dihukum ringan, seperti menulis janji atau membersihkan kelas.

    • Tidak dipercaya atau dijauhi teman.

    • Menyesal karena mengganggu ketertiban di sekolah.


    5. Manfaat Mematuhi Aturan

    • Sekolah menjadi tertib, aman, dan nyaman.

    • Semua siswa dapat belajar dengan tenang.

    • Terbentuk sikap disiplin dan tanggung jawab.

    • Meningkatkan kerja sama dan rasa hormat terhadap sesama.

    LKPD




    Materi PAK

    SIKAP KERJA KERAS





    1. Pengertian Kerja Keras
      Kerja keras adalah usaha sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan. Kita tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan.

    2. Contoh Sikap Kerja Keras di Sekolah

      • Mengerjakan tugas sampai selesai.

      • Belajar terus sampai bisa, meskipun awalnya sulit.

      • Berlatih membaca, menulis, atau berhitung setiap hari.

      • Tidak menyontek saat ulangan.

    3. Contoh Sikap Kerja Keras di Rumah

      • Membantu orang tua dengan sungguh-sungguh.

      • Menyapu atau merapikan kamar sampai bersih.

      • Belajar mandiri tanpa disuruh.

    4. Mengapa Kita Harus Kerja Keras?

      • Agar bisa mencapai cita-cita.

      • Agar menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab.

      • Agar orang lain percaya kepada kita.

      • Agar menjadi pribadi yang kuat dan tidak mudah menyerah.

    5. Ciri-ciri Anak yang Kerja Keras

      • Tidak mudah menyerah.

      • Mau mencoba lagi saat gagal.

      • Rajin berlatih dan belajar.

      • Selalu berusaha memberikan yang terbaik.

    Jawablah pertanyaan berikut!

    1. Apa yang dimaksud dengan kerja keras?

    2. Tuliskan dua contoh kerja keras di sekolah!

    3. Tuliskan satu contoh kerja keras di rumah!

    4. Mengapa kita harus kerja keras?


    MATERI BAHASA INDONESIA
     

    KATA KERJA AKTIF DAN KATA KERJA PASIF

    PENGERTIAN

    Kata kerja aktif Adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek (pelaku) melakukan Tindakan atau  pekerjaan.

    Kalimat aktif : Kalimat yang subjeknya melibatkan suatu pekerjaan

    CIRI-CIRI UMUM

    1.     Kata kerja pasif menggunakan awal me- atau ber-

    2.     Fokus pada pelaku aksi

    CONTOH : Membaca, menulis, memasak

    Bermain, berpetualang, berdoa

     


    PENGERTIAN

    Kata kerja pasif Adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek (penerima) memberi tindakan dari orang lain.

    Kalimat pasif : Kalimat yang subjeknya dikenai suatu pekerjaan.

    CIRI-CIRI UMUM

    1.     Kata kerja pasif menggunakan awal di- atau ter-

    2.     Fokus pada pelaku aksi

    CONTOH : ditulis, diantar, dipotong

    Terkena, terjatuh, tersembunyi 



    REFLEKSI DAN KESIMPULAN PEMBELAJARAN


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar