About

Senin, 12 Agustus 2024

Matematika dan Seni Rupa

 Hari/Tanggal: Selasa, 13 Agustus 2024




Elemen : Mengalami (Experiencing)

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Menyebutkan warna pada benda buatan 

Benda buatan ciptaan manusia ada banyak. benda-benda di sekitar kita benda buatan ada di rumah dan ada di sekolah.

Mewarnai bentuk geometri. 
1. Geometri 2 dimensi 
Gambar di atas termasuk geometri dua dimensi. artinya bentuk yang punya panjang dan lebar .cirinya hanya dapat dilihat dari satu sisi yaitu depan

Contoh karya seni yang memakai bentuk geometri 2 dimensi yakni, lukisan batik tenun dan sebagainya. 

2. Geometri 3 dimensi 
Apa itu geometri 3 dimensi ?
Artinya bangun yang mempunyai panjang lebar dan tinggi cirinya dapat dilihat dari 3 sisi sisi depan atas dan samping ada banyak bentuk geometri 3 dimensi di sekitar kita contohnya toples ,kubus ,tenda dan bola.



Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat membandingkan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.

Materi Ajar

Membandingkan Bilangan

Membandingkan bilangan adalah : menentukan mana jumlah yang lebih banyak dan mana jumlah yang lebisedikit (kecil).

Langkah-langkah di dalam membandingkan bilangan adalah :

1. Lihat angka ratusannya mana yang lebih besar.

2. Jika ratusannya masih sama lihat puluhannya.

3. Jika puluhannya masih sama lihat satuannya.

Lambang Perbandingan

> : lebih besar   < : lebih kecil    = : sama dengan

Contoh : Bandingkan bilangan di bawah ini dengan lebih besar (>) lebih kecil (<) atau sama dengan (=)

Jawab :

257             268

200 sama dengan 200

50 lebih kecil dari pada 60

7 lebih kecil daripada 8

Jadi : 257 lebih kecil daripada 268 atau 257 < 268.

Evaluasi Matematika berikut contoh - contoh soal!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar