Hari/Tanggal : Selasa, 12 September 2023
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
B. INDONESIA : Menulis
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
B. INDONESIA :
1. Melalui kegiatan memahami kata berimbuhan Ber-, peserta didik dapat memahami kata berimbuhan Ber + kata dasar menjadi Contoh pembentukan kata berimbuhan
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
B. INDONESIA :
1. Peserta didik memahami aturan pada kata berimbuhan Ber + kata dasar menjadi Contoh pembentukan kata berimbuhan
MATERI BAHASA INDONESIA
Awalan ‘ber-’
Salah satu imbuhan di dalam bahasa Indonesia adalah awalan ‘ber-’. Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ber- tidak membutuhkan objek, karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif.
Penulisan kata yang memiliki imbuhan ‘ber’- termasuk mudah, yaitu ‘ber-’ + kata dasar.
Namun, kalian harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/. Lihat contoh pada tabel di bawah ini!
1. Kata Berawalan ‘ber-’
Kerjakan soal latihan berikut ini di buku tulis kalian!
Berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar.
a. Capung (terbang) di udara.
b. Bibi (cermin) sambil mematut diri.
c. Bima (sekolah) di SD Tunas Mulia.
d. Adik (ajar) membaca.
e. Tuti (rambut) panjang.
f. Petani (kerja) di sawah.
g. Tina dan Tini (main) petak umpet.
h. Kerbau (rendam) di kubangan.
Dengan melengkapi kalimat, kalian berlatih menggunakan awalan ‘ber-’ dengan benar.
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
MATEMATIKA : Geometri
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar