About

Selasa, 24 September 2024

Matematika, Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

 Hari/Tanggal: Rabu, 25 September 2024


Materi Ajar Matematika Kelas 2: Bentuk di Sekitar Kita

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menyebutkan dan mengidentifikasi berbagai macam bentuk bangun datar sederhana (persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga).
  • Siswa dapat membandingkan ukuran dan bentuk benda-benda di sekitarnya.
  • Siswa dapat membuat pola sederhana dengan menggunakan bangun datar.

Materi Pokok:

  • Apa itu bangun datar?
    • Bangun datar adalah bentuk yang datar dan dibatasi oleh garis lurus atau lengkung.
    • Contoh bangun datar: persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga.


  • Ciri-ciri bangun datar:
    • Persegi: memiliki 4 sisi yang sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
    • Persegi panjang: memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
    • Lingkaran: tidak memiliki sisi, tetapi memiliki satu garis lengkung yang mengelilingi titik pusat.
    • Segitiga: memiliki 3 sisi dan 3 sudut.
  • Contoh benda berbentuk bangun datar di sekitar kita:
    • Persegi: buku, kotak pensil, papan tulis
    • Persegi panjang: pintu, jendela, meja
    • Lingkaran: roda, jam dinding, bola
    • Segitiga: atap rumah, potongan pizza, spanduk segitiga





Membandingkan ukuran dan bentuk:

Besar kecilnya bangun datar

Panjang pendeknya sisi bangun datar

Jenis sudut pada bangun datar

Kegiatan Pembelajaran:

  1. Pengenalan:
    • Guru membawa berbagai macam benda dengan bentuk bangun datar yang berbeda.
    • Siswa diminta untuk mengamati dan menyebutkan bentuk benda tersebut.
  2. Penjelajahan:
    • Siswa diajak untuk mencari benda-benda di sekitar kelas atau sekolah yang berbentuk bangun datar.
    • Siswa membuat kelompok dan mengumpulkan benda-benda tersebut.
  3. Aktivitas:
    • Membuat pola: Siswa membuat pola sederhana dengan menggunakan bangun datar yang telah mereka potong dari kertas.
    • Menggambar bangun datar: Siswa menggambar berbagai macam bangun datar pada kertas.
    • Membuat bangun datar dari plastisin: Siswa membentuk bangun datar dari plastisin.
  4. Diskusi:
    • Siswa berdiskusi tentang perbedaan dan persamaan antara berbagai bangun datar.
    • Siswa menceritakan pengalaman mereka dalam mencari benda-benda berbentuk bangun datar.

Materi Ajar Kelas 2: Berekspresi Melalui Melukis

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran melalui gambar.
  • Siswa dapat menggunakan berbagai teknik melukis sederhana.
  • Siswa dapat menghargai karya seni diri sendiri dan teman.
  • Media / Alat peraga

  • Tv, Video dan Gambar 

Materi Pokok:

  • Apa itu melukis?
    • Melukis adalah cara untuk menyampaikan perasaan dan ide melalui gambar.
    • Kita bisa melukis dengan berbagai alat seperti pensil warna, crayon, cat air, atau cat minyak.
  • Langkah-langkah melukis:
    • Memilih tema: Apa yang ingin kamu lukis? Bisa tentang keluarga, hewan, pemandangan, atau imajinasimu.
    • Membuat sketsa: Gambar garis besar dari objek yang ingin kamu lukis.
    • Mewarnai: Gunakan warna-warna yang kamu suka untuk membuat gambarmu hidup.
  • Teknik melukis:
    • Melukis dengan garis: Buat gambar dengan menggunakan garis-garis lurus atau lengkung.
    • Melukis dengan bentuk: Buat gambar dengan menggunakan bentuk-bentuk sederhana seperti lingkaran, persegi, atau segitiga.
    • Melukis dengan warna: Gunakan warna-warna yang terang atau gelap untuk menciptakan suasana yang berbeda.
  • Contoh karya seni:
    • Tunjukkan berbagai contoh karya seni anak-anak dari berbagai budaya.
    • Bahas tentang perbedaan gaya dan teknik melukis.


Tema lukisan adalah ide utama atau pesan yang ingin disampaikan melalui sebuah gambar. Untuk siswa kelas 2 SD, pemilihan tema yang menarik dan relevan sangat penting untuk merangsang kreativitas dan imajinasi mereka.








B Indonesia

CP

Menulis

Menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja.

ATP

Menulis

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja dengan tepat.

TP

Peserta didik akan belajar tentang cara menulis “di” sebagai imbuhan dan kata depan;

Ringkasan Materi :

Sebagai kata depan, “di” diikuti oleh nama tempat yang penulisannya terpisah.
Misal: di sekolah.

Sebagai imbuhan, “di” diikuti oleh kata kerja yang penulisannya digabung.
Misal: dibuat



Tugas :

Tulislah sepuluh kata,setelah gurumu menyebutkannya !

dibaca
di pantai
di kamar
disimpan
dipakai
di lapangan
dilatih
di kebun
dijaga
di rumah sakit

CP

Mengamati

Menjelaskan kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan kata-kata baru pada gambar dengan menggunakan petunjuk visual.

Berdiskusi

Menyampaikan pendapat terhadap gambar, warna, dan tata letak.

Menulis

Menuliskan cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.

ATP

Mengamati

Melalui mengamati petunjuk visual di dalam gambar, peserta didik dapat memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan kata-kata baru pada gambar. 

Berdiskusi

Melalui berdiskusi, peserta didik dapat menyampaikan pendapat Terhadap gambar, warna, dan tata letak.

Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.

Media : Televisi, video, gambar buku cetak B.Indonesia

Ringkasan materi :



Tugas :


REFLEKSI / RINGKASAN MATERI
Berdasarkan hasil  hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang cara menulis “di” sebagai imbuhan dan kata depan; sedangkan pembelajaran seni rupa mengerjakan latihan alhamdulikah hampir rata mendapatkan nilai yang baik,
pembelajaran matematika sebagian peserta didik sudah mampu menyebutkan dan mengidentifikasi berbagai macam bentuk bangun datar sederhana.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar