Hari/Tanggal: Senin, 2 September 2024
BAHASA INDONESIA
Capaian Pembelajaran :
Mengamati
Menemukenali informasi dalam sebuah grafik.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menemukenali informasi melalui mengamati grafik dengan tepat.
Mengenal Grafik
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), grafik adalah penyajian informasi dalam bentuk gambar, bukan dalam bentuk teks. Grafik dapat digunakan dalam beberapa hal, termasuk juga penelitian. Dalam konteks penelitian, bisa menjadi alat untuk menggambarkan ataupun menganalisis data.
Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa ada 2 anak menyukai olahraga berlari, 4 anak menyukai bulu tangkis, 5 anak menyukai bersepeda, 4 anak menyukai berenang dan 2 anak menyukai senam.
Garis yang mendatar menunjukkan olahraga kesukaan, sedangkan angka yg di sebelah kiri menunjukkan jumlah anak yang menyukai olahraga tersebut.
Hal ini dapat diketahui dengan cara membaca garis berwarna biru. Dimana garis tersebut berada, lihatlah bagian sebelah kiri grafik tempat angka yang sejajar dengan tinggi garis berwarna biru.
Latihan :
Sudahkah kalian membaca buku hari ini?
Mintalah orang tua kalian mengunduh buku berjudul
Ayo, Berlatih Silat!
Buku tersebut bercerita tentang anak bernama Salman.
Salman mengunjungi sepupunya di tepi Danau Maninjau, Sumatra Barat.
Apa saja yang ia lakukan di sana?
Bacalah sendiri buku tersebut.
Bila mengalami kesulitan, mintalah bantuan orang tua.
Kemudian, salinlah jurnal berikut di buku tulis kalian.
Jurnal Membaca
Judul Buku: ............................................
Nama Penulis: ........................................
Nama Ilustrator: ...................................
Kejadian apa yang paling kalian sukai dari buku ini?
................................................................................................
Mengapa kalian menyukainya?
................................................................................................
Dapatkah kalian menyebutkan olahraga tradisional lain
dari Indonesia?
...............................................................................................
Beri bintang untuk buku ini:
Asyik! Bab 2 sudah selesai.
Apa saja yang sudah kalian pelajari? Salinlah tabel berikut di
buku tulis kalian. Kemudian isi dengan tanda centang, ya.
Pendidikan Anti Korupsi
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui makna disiplin dan akibatnya jika tidak melaksanakan sikap disiplinDisiplin adalah sikap yang menunjukkan kepatuhan terhadap aturan atau tata tertib yang telah ditetapkan, baik di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat.
Disiplin membantu kita untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
Komitmen adalah salah satu kunci terbentuknya disiplin. Komitmen adalah sikap mental pada diri seseorang untuk melakukan segala sesuatu yang telah ditetapkan. Hal itu terbentuk dengan pembiasaan. Seseorang yang komitmen tinggi akan selalu melakukan segala sesuatu sesuai yang telah ditetapkannya.
2. Contoh Perilaku Disiplin di Rumah:
- Merapikan tempat tidur setelah bangun tidur.
- Menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu.
- Mematuhi aturan yang dibuat oleh orang tua.
- Menghormati dan mendengarkan nasihat orang tua.
3. Manfaat Perilaku Disiplin
- Membantu dalam mencapai tujuan dan cita-cita.
- Membentuk kepribadian yang baik dan bertanggung jawab.
- Mendapatkan kepercayaan dari orang lain.
- Membuat lingkungan sekitar menjadi lebih tertib dan nyaman.
4. Akibat jika tidak melaksanakan sikap disiplin
Akibat tidak melaksanakan disiplin, seseorang dapat menghadapi banyak masalah, seperti:
- Kesulitan membagi waktu, sehingga banyak pekerjaan yang tertunda
- Menjadi lebih malas
- Enggan berusaha lebih serius untuk menyelesaikan tugas
- Prestasi belajar menurun
- Kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik
- Tidak masuk sekolah
- Terlambat datang ke sekolah
- Tidak bisa menguasai atau memahami materi pelajaran
- Tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru
- Sering ditegur guru
Perhatikan Vidio dibawah ini!
Refleksi /Kesimpulan Pembelajaran Hari Ini.
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua peserta didik sudah mampu memahami materi tentang menemukan informasi dari sebuah grafik dengan baik namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca informasi dari sebuah grafik,dikarenakan peserta didik belum mampu membaca grafik.
Untuk mengatasi hal tersebut guru akan mejelaskan kembali tentang cara membaca infromasi dari grafik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar